sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Techno » Memprogram Robot Membutuhkan Nalar Dan Kreativitas

Memprogram Robot Membutuhkan Nalar Dan Kreativitas



Jakarta – Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016 yang diikuti 30 tim terbaik dari berbagai Madrasah Aliyah (MA). Meski mendapat komponen robot yang sama, setiap peserta harus adu jago melakukan program pada robot supaya bisa melewati rintangan yang diberikan.

Memprogram Robot Membutuhkan Nalar Dan Kreativitas

Salah satu tim dari MAN 1 Samarinda, Revy Fadly Bobby dan Muhammad Afif harus putar otak ketika memprogram robot. Menurut Revy, memprogram robot butuh nalar dan kreativitas.

Baca juga : Menelusur Analisa Alur Pikiran Hakim Robot Masa Depan

“Ada lima balok yang tersebar. Nanti kita pilih yang mana terserah. Yang penting robot harus bergerak menghindari rintangan,” paparnya sembari menunjukkan program robot di laptonya.

Hebatnya, meski baru pertama mengikuti kontes robotik, Revy dan Afif tampak piawai mengoperasikan program tersebut. Revy mengaku, awalnya sempat merasa kesulitan, apalagi dia belajar dari nol.

“Kami sering ikut lomba wakili sekolah, tetapi robotik baru ikut kali ini. Untuk persiapan lomba, seminggu sebelumnya kami latihan penuh,” tuturnya.

Revy pun merasa bahwa peserta lainnya merupakan saingan berat. Lantaran kegiatan ini seru, dia dan rekannya-rekannya ketagihan mengikuti ajang serupa. “Mereka ke sini pasti dengan bekal yang matang. Jadi pasti berat saingannya,” sebutnya.

Menurut arif, bisa mengikuti ajang ini termasuk sebuah keberuntungan. Sebab, pada masa pendaftaran sekolahnya memang yang paling cepat mendaftar kompetisi tersebut.

“Mungkin didukung beberapa faktor juga. Pertama kecepatan mendaftar, kemudian berkas kami lengkap. Terakhir kuota wilayah kami masih pas,” pungkas Afif. (bens – sisisdunia.com)