Home » Travel & Kuliner » 5 Negara Yang Merayakan Halloween Terbaik

5 Negara Yang Merayakan Halloween Terbaik



Jakarta – Perayaan Halloween dikenal sebagai pengusiran roh jahat ternyata biasa banyak dirayakan di seluruh dunia. Momen tersebut juga bisa mewakili tradisi untuk menghormati roh leluhur di berbagai kebudayaan.

5 Negara Yang Merayakan Halloween Terbaik

Berikut ini adalah beberapa negara yang memiliki jadwal festival selama Halloween terbaik yang kental dengan tradisi dan budaya, seperti dilansir dari Telegraph, Jumat (28/10/2016).

Baca juga : Unik : Labu Bermotif Wajah Manusia

Día de los Muertos, Meksiko

Día de los Muertos (hari kematian) adalah perayaan yang berlangsung di banyak negara Amerika Latin pada akhir Oktober, tapi Oaxaca di Mexico City adalah salah satu tempat terbaik. Anda bisa datang ke pasar mengerikan yang dihiasi wajah dicat dan prosesi menakutkan jalanan.

Parade Greenwich Village Halloween, New York

Tidak ada yang merayakan Halloween seniat Amerika Serikat. Tidak hanya hari raya Natal, Halloween juga dipersiapkan begitu besarnya sebelum bulan Oktober, dan diisi dengan segala macam perayaan yang didedikasikan untuk semua hal menyeramkan.

Di New York, cara terbaik untuk merayakan Halloween adalah pada parade Greenwich Village yang terkenal dan menarik ribuan orang untuk bersuka ria dalam kostum aneh dan indah.

Festival Hantu Lapar, Hong Kong

Festival yang juga dikenal sebagai Yu Lan, berfokus pada pemujaan leluhur dan berlangsung selama bulan ketujuh kalender lunar. Periode tersebut diyakini sebagai saat-saat ketika roh yang gelisah berkeliaran di bumi, menurut tradisi Tiongkok.

Beberapa ritual yang paling umum dilakukan selama festival termasuk pembakaran uang palsu dan persembahan korban, seperti meninggalkan sesajen untuk roh nenek moyang. Opera Tiongkok juga menjadi fitur utama dari perayaan tersebut.

Samhain, Irlandia dan Skotlandia

Festival Samhain (Festival Kematian) dirayakan pada akhir panen musim gugur dan awal musim dingin, atau dalam kalender modern sejak matahari terbenam pada 31 Oktober sampai matahari terbenam pada 1 November.

Banyak kegiatan Halloween modern berasal dari tradisi Irlandia, seperti kostum dan tradisi pergi dari rumah ke rumah untuk menyatakan “trick or treat”. Orang-orang terdahulu biasa mengenakan kostum Halloween untuk menangkal setiap roh yang berkeliaran pada malam hari.

Festival Obon, Jepang

Perayaan sejak zaman nenek moyang tersebut telah diperingati di Jepang selama sekitar 500 tahun dan berlangsung selama tiga hari setiap tahunnya.

Ritual adat ini termasuk pertunjukan tari bon odori, mengunjungi makam leluhur dan orang tercinta yang telah meninggal, membawa sesajen untuk altar dan kuil, dan mengapungkan lentera lilin di sungai dan danau untuk melambangkan kembalinya orang yang telah tiada ke dunia orang mati di akhir festival. (bens – sisidunia.com)