Home » Gaya Hidup » Noelia Garella, Wanita Down Sydrome Pertama yang Jadi Guru Playgroup

Noelia Garella, Wanita Down Sydrome Pertama yang Jadi Guru Playgroup



Argentina – Terkadang, hidup itu tidak pernah dapat ditentukan ke mana arahnya. Bisa saja dulu kita mengalami kesulitan dan kini sedang ‘di atas’.

Noelia Garella, Wanita Down Sydrome Pertama yang Jadi Guru Playgroup

Hal tersebut terjadi pada Noelia Garella, seorang penderita down syndrom atau keterbelakangan mental. Pada masa kecilnya, Noelia ditolak dalam sebuah playgroup di Argentina.

Seperti dikutip dari Independent.co.uk, dulu Noelia ditolak karena memiliki keterampilan yang berbeda. Dirinya bahkan disebut sebagai ‘monster’. Namun, Noelia Garella yang sekarang telah berusia 31 tahun ini telah membuka sebuah sekolah playgroup sendiri. Penolakan yang dialaminya dulu bukan lagi jadi penghalangan bagi Noelia untuk menjalani passion-nya.

Sekolah playgroup milik Noelia sendiri mengajarkan anak-anak berusia dua sampai tiga tahun cara untuk membaca. Namun, ketika dirinya mulai mengajar, orang-orang justru bertanya bagaimana bisa seseora yang memiliki kekurangan kognitif dapat mengajar di kelas. Keraguan tersebut justru dibantah dengan kelasnya yang diikuti banyak anak.

Noelia mengaku kalau dirinya telah memimpikan jadi seorang guru sejak kecil. Noelia pun mengaku sangat suka dengan anak-anak. Noelia menginginkan anak-anak itu punya kesempatan untuk belajar membaca dan mendengar.

“Karena dalam pergaulan, orang-orang harus saling mendengar satu sama lain,” kata Noelia.

Kecintaan pada anak-anak itu ditunjukkan dengan caranya memberikan pengajaran pada siswanya. Noelia sering membacakan cerita kepada anak-anak dengan gaya sesuai karakter yang diceritakan. Sekarang, Noelia menjadi seorang guru di playgroup sebuah kota di utara Argentina, Cordoba. Noelia mengawali karier di Cordoba menjadi asisten guru untuk kelas membaca pada 2012. Sejak Januari 2016, dirinya menjadi guru sebuah kelas sendiri.
(Muspri-sisidunia.com)