Home » Sport » Dovizioso Asapi Valentino Rossi di MotoGP Sepang 2016

Dovizioso Asapi Valentino Rossi di MotoGP Sepang 2016



Jakarta – Hasil MotoGP Sepang 2016 telah dimenangkan oleh Andrea Dovizioso (Ducati) pada Minggu (30/10). Pebalap asal Italia tersebut menaklukkan lintasan basah di GP Malaysia, dan menggagalkan ambisi Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang cuma berhak atas posisi runner-up. Sementara itu, juara dunia Marc Marquez (Repsol Honda) yang sempat terjatuh, cuma finish di urutan ke-11. Bukan dirinya yang menutup podium, tetapi Jorge Lorenzo.

Dovizioso Asapi Valentino Rossi di MotoGP Sepang 2016

Meskipun Valentino Rossi hanya bisa finish di urutan kedua dalam hasil GP Malaysia 2016, ia bisa sedikit tersenyum karena 20 poin yang didapatkannya di Sepang mengirim The Doctor meraih kursi runner-up di klasemen MotoGP 2016. Ia kini unggul 28 poin dari Lorenzo yang tidak bisa mengejar lagi selisih poin, karena musim tinggal menyisakan satu race lagi di Valencia.

Baca juga : Wayne Gardner Ditahan Karena Bikin Keributan

Sempat ditunda 20 menit dari jadwal sesungguhnya karena kondisi trek yang basah dan tergenang, balapan GP Malaysia 2016 dibuka dengan susul-menyusul yang sangat sengit. Jorge Lorenzo yang start nomor tiga melesat jadi yang terdepat di awal lap pertama, tetapi tidak lama hingga ia digantikan Marc Marquez. Perubahan terjadi lagi ketika Andrea Dovizioso yang menempati pole, memimpin. Kemudian, Valentino Rossi di ujung lap pertama menunjukkan kualitasnya dengan berada paling depan.

Duo Ducati sempat menjadi lawan terberat Valentino Rossi. Namun Marc Marquez tidak mau diam saja. Ia ikut meramaikan puncak. Sang juara dunia menangkap jaraknya dengan Dovizioso, sementara di depan sana Andrea Iannone bertarung melawan Rossi. Salip-menyalip terjadi antara dua pebalap Italia ini hingga 12 lap jelang bubaran, Rossi melesat lebih jauh lagi, tetapi persaingannya dengan Iannone belum selesai juga.

Hasil MotoGP Sepang 2016 Andrea Dovizioso Juara Kalahkan Valentino Rossi 2

Sementara itu bencana jatuh akhirnya menimpa pebalap MotoGP di Sepang. Dimulai oleh Stefan Bradl (Aprilia). Ia tidak sendirian. Cal Crutchlow (LCR Honda) yang berada di kisaran deretan tengah terjatuh pula. Tidak lama kemudian giliran Marc Marquez yang keluar lintasan ketika hendak berpacu dengan tiga besar. Perbecdaannya, Marquez masih bisa melanjutkan lomba. Iannone, tidak seperti Marquez. Ia gagal melanjutkan lomba.

Valentino Rossi telah melakukan kesalahan kala melebar di Turn 1, dan Andrea Dovizioso mengambil posisi terdepan. Rossi semakin tertinggal dari juniornya tersebut, sementara di belakangnya Jorge Lorenzo mencari kesempatan untuk berdiri di podium. Posisi ini tidak berubah hingga akhir.

Tim Ducati meraih kemenangan kedua musim 2016 ini, dan di Sepang.

Berikut ini hasil MotoGP 2016 GP Sepang Malaysia pada Minggu (30/10).

1. Andrea Dovizioso
2. Valentino Rossi
3. Jorge Lorenzo
4. Hector Barbera
5. Loriz Baz
6. Maverick Vinales
7. Alvaro Bautista
8. Jack Miller
9. Pol Espargaro
10. Danilo Petrucci
11. Marc Marquez

(bens – sisidunia.com)