Home » News » KH Ruslan Effendi, Ulama Besar Betawi Tutup Usia

KH Ruslan Effendi, Ulama Besar Betawi Tutup Usia



Jakarta – Ulama KH Ruslan Effendi yang juga dikenal dengan panggilan Ustaz Lani meninggal dunia karena sakit. Dia adalah sosok ulama yang dikenal berperan besar dalam perkembangan dakwah Islam, khususnya di Jakarta.

KH Ruslan Effendi, Ulama Besar Betawi Tutup Usia

Informasi yang diterima wartawan, Ustaz Lani meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON), Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (27/10) sekitar pukul 13.45 WIB.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Berduka atas wafatnya mujahid dakwah, KH Ruslan Effendi (Ust Lani), 13.45 WIB tadi. Mohon doa terbaik untuk beliau,” tulis Wakil Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid lewat akun Twitter-nya @hnurwahid seperti dilihat wartawan kemarin, Jumat (28/10/2016).

Hal senada juga disampaikan mantan Presiden PKS Anis Matta di akun Twitter-nya @anismatta. Dia menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya sosok Ustaz Lani yang disebutnya sebagai mujahid dakwah itu. Anis sempat datang melayat ke rumah duka. Di cuitannya di Twitter, Anis berharap agar Ustaz Lani diberi tempat terbaik di sisi Allah.

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika yang juga mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring juga menyatakan duka citanya atas kepergian tokoh senior PKS ini ke Sang Khalik.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Mari kita doakan Ustaz Ruslan Effendi atau Ustaz Lani yang kita cintai agar diampuni-Nya dan dilapangkan kuburnya. Aamin YRA. Ya Allah, Betapa pentingnya tauhid dan spirit yang diwariskannya kepada keturunan kita. Selamat jalan Gurunda,” tulis Tifatul lewat akun Facebook-nya.

Semasa hidup, Ustaz Lani dikenal memiliki peran besar dalam perkembangan dakwah Islam di Indonesia, khususnya Jakarta. Dia adalah pendiri Yayasan Riyadlus Shalihin di Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan serta salah satu anggota Dewan Syariah Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Ustaz Lani meninggal di usianya yang ke 68 tahun karena sakit. Dia meninggalkan 9 orang anak, masing-masing 3 orang putra dan 6 orang putri yang merupakan kader dakwah yang andal.
(Muspri-sisidunia.com)