sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Cak Nun Ajak Warga Blora Menjaga Kedaulatan Negara

Cak Nun Ajak Warga Blora Menjaga Kedaulatan Negara



Blora – Lagu Indonesia Raya begitu bergemuruh saat dinyanyikan oleh seluruh masyarakat Blora yang memadati halaman Makodim 0721/Blora dan sepanjang Jalan Pemuda. Iringan musik Kyai Kanjeng dan suara MH Ainun Najib makin membuat semangat patriotisme mengalir keseluruh tubuh.

Cak Nun Ajak Warga Blora Menjaga Kedaulatan Negara

Kedua lagu nasional itu menjadi pembuka Ngaji Bareng Cak Nun bersama ribuan masyarakat Blora dan sekitarnya, yang diselenggarakan untuk memperingati HUT TNI, Kodam IV/Diponegoro, Sumpah Pemuda dan Hari Santri.

Bukan hanya itu, tembang jawa Gundul-gundul Pacul yang dinyanyikan dijadikan untuk memberikan pesan moral. “Kita berangkat dari gundul-gundul pacul, dalam kontek kekinian mengartikan harus menjaga kesejahteraan,” ucap Cak Nun.

Nyunggi wakul adalah memikul kesejahteraan dan jika kita memikul dengan gembelengan dan tidak amanah serta terlalu bersenang-senang maka akan ngglempang atau jatuh.

Cak Nun yang tahun 2000 pernah datang di Blora melihat saat ini yang harus disumpah adalah sumpah untuk menjaga kedaulatan negara, karena saat ini Indonesia sudah merdeka. “Saat ini kita semua harus bersumpah untuk menjaga kedaulatan negara,” jelasnya.

Cak Nun melihat saat ini kedaulatan Indonesia sedang terancam, hal itu ditandai dengan kekayaan dan sumber daya alam yang ada di Indonesia perlu diteliti lagi saat ini milik siapa. Termasuk mengajak agar Blora membangun kepercayaan diri lagi.

Bukan tanpa alasan Cak Nun mengatakan hal itu. Dengan menggali kembali sejarah dan siapa yang membabat alas pertama kali di Blora, warga Blora akan kembali mendapatkan kepercayaan dirinya. (Hendy – sisidunia.com)