sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Ekonomi & Bisnis » Jonan Genjot Jumlah Kilang Minyak Dengan Memberi Kesempatan Pada Swasta

Jonan Genjot Jumlah Kilang Minyak Dengan Memberi Kesempatan Pada Swasta



Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menginginkan bertambahnya jumlah kilang minyak di seluruh wilayah Indonesia.

Jonan Genjot Jumlah Kilang Minyak Dengan Memberi Kesempatan Pada Swasta

Bahkan, Jonan mempersilahkan swasta untuk turut serta berinvestasi membangun kilang (refinery).

Baca juga : Inilah Surat Terbuka Mantan Dirjen KAI Untuk Menteri Jonan

Untuk menarik minat swasta agar berinvestasi membangun kilang minyak, Jonan mengatakan, bahwa nantinya swasta bisa memiliki wilayah kerja sendiri di hilir atau diperbolehkan memiliki pompa bensin sendiri.

“Boleh punya wilayah kerja sendiri enggak di hilirnya? Misalnya bikin pompa bensin sendiri. Boleh. Enggak ada larangan,” ujar mantan Menteri Perhubungan ini di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Tak hanya itu, Jonan juga mempersilahkan swasta yang memiliki kilang untuk mengekspor hasil produksinya tersebut.

Namun demikian, dirinya tetap memprioritaskan PT Pertamina (Persero) untuk membangun kilang.

Nantinya kata mantan orang nomor satu di PT Kereta Api Indonesia (Persero) ini, pemerintah akan membuat batasan jumlah produksi yang akan diekspor dan berapa untuk domestik.

“Kebutuhan kita 1,6 juta barel per hari BBM. Kapasitas terpasang refinery kita 1,1 juta barel per hari, efektifnya 800 ribu barel per hari. Ini harus ditingkatkan,” terangnya.

Berbagai kemudahan yang diberikan tersebut, kata Jonan semata-mata demi meningkatkan kapasitas kilang nasional. (bens – sisidunia.com)