Home » News » Kasus Korupsi Di Cina Sudah Mencapai Satu Juta Orang Pejabat

Kasus Korupsi Di Cina Sudah Mencapai Satu Juta Orang Pejabat



Beijing – Cina sudah menyelidiki lebih dari satu juta pejabat yang diduga korupsi dalam waktu tiga tahun belakangan, menurut statistik yang dikeluarkan pemerintah.

Kasus Korupsi Di Cina Sudah Mencapai Satu Juta Orang Pejabat

Sekitar 400 tersangka, yang sempat buron, berhasil ditangkap di luar negeri sepanjang tahun ini. Statistik tersebut diumumkan pada saat para pejabat tinggi Partai Komunis Cina (PKC) memulai sidang pleno tertutup di ibu kota Beijing.

Presiden Xi Jinping sudah bertekad untuk memberantas korupsi di Cina walau beberapa pihak mengatakan kampanye antikorupsi itu juga dimanfaatkan untuk menekan para saingan politiknya. Tuduhan tersebut dibantah oleh Presiden Xi.

Wartawan di Beijing, melaporkan sidang pleno yang rahasia ini akan membahas perubahan peraturan PKC. Awal bulan ini, seorang mantan pejabat Partai Komunis China dijatuhi hukuman mati setelah terbukti menggelapkan aset senilai sekira Rp480 triliun.

Begitu pula pada mantan pejabat Badan Urusan Energi China juga dijatuhi hukuman mati setelah terbukti bersalah dalam kasus penyuapan senilai CNY212 juta atau setara dengan Rp410,7 miliar. Namun, pria bernama Wei Pengyuan itu baru akan menjalani eksekusi mati pada 2018 nanti.

Bagaimanapun ada kekhawatiran perubahan akan memberi kekuasaan yang lebih besar kepada presiden.
Para pejabat yang diperiksa dalam upaya pemberantasan korupsi berasal dari tingkatan rendah dan tinggi, serta beberapa orang dari dunia usaha maupun media.

Pemerintah mengatakan mereka antara lain diduga menerima dan memberi suap maupun menyalahgunakan kekuasaan. Cina dengan giat mengejar para tersangka korupsi yang melarikan diri ke luar negeri lewat operasi yang diberi nama Sky Net dan Fox Hunt.
(Muspri-sisidunia.com)