Home » News » Hasil Survei SMRC Menunjukkan Kepuasan Warga DKI Terhadap Kinerja Ahok

Hasil Survei SMRC Menunjukkan Kepuasan Warga DKI Terhadap Kinerja Ahok



Jakarta – Hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research Center (SMRC) menyatakan mayoritas responden puas dengan kinerja Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Hasil Survei SMRC Menunjukkan Kepuasan Warga DKI Terhadap Kinerja Ahok

Tingginya tingkat kepuasan responden itu diyakini turut menjaga elektabilitas Ahok tetap di atas bakal calon gubernur DKI Jakarta lainnya.

“Sekitar 75 persen warga menyatakan cukup atau sangat puas dengan kinerja Ahok, yang merupakan peningkatan 5 persen dari kepuasan terhadap kinerja Ahok pada survei Agustus 2016,” kata Direktur SMRC, Sirojudin Abbas, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2016).

Sirojudin menuturkan, kepuasan masyarakat diukur dari beberapa indikator, yaitu kondisi rumah sakit dan puskesmas dengan kepuasan sebesar 92 persen, pelayanan di kecamatan dan kelurahan sebesar 90 persen, gedung sekolah 90 persen, air bersih 89 persen, jaringan listrik 89 persen, dan kondisi jalan 88 persen.

Kemudian, kebersihan dan pengelolaan sampah sebesar 80 persen berada dalam kategori baik atau sangat baik. Warga juga menyatakan puas dengan kinerja Pemprov DKI menangani banjir, menangani sampah, dan yakin dengan program beasiswa untuk keluarga miskin. Kepuasan terendah ada pada kondisi kelancaran transportasi dengan tingkat kepuasan 49 persen.

Pelaksanaan pemerintahan di DKI Jakarta juga dinilai sangat baik oleh 6 persen responden, 55 persen responden menyatakan baik, dan 30 persen responden menilai sedang, 8 persen buruk, sementara sisanya tidak tahu atau tidak menjawab.

Terkait isu perekonomian di Jakarta, 41 persen responden menilai keadaan ekonomi Provinsi DKI Jakarta lebih baik dari tahun lalu, dan 45 persen responden menilai keadaan ekonomi rumah tangga mereka lebih baik dari tahun lalu. Sisanya menjawab tidak ada perubahan dan lebih buruk.

“Penilaian masyarakat terhadap pelaksanaan pemerintahan semakin positif dan tren penilaian atas kondisi ekonomi juga cenderung positif,” kata Sirojudin.

Adapun responden yang menyatakan tidak puas dengan kinerja Ahok mencapai 22 persen. Hasil survei SMRC menyatakan elektabilitas pasangan petahana, Ahok dan Djarot Saiful Hidayat, mencapai 45,4 persen.

Survei ini dilakukan pada 1-9 Oktober 2016 dengan jumlah responden 648 warga DKI yang ditarik secara multistage random sampling. Margin of error rata-rata sebesar lebih kurang 3,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei tersebut didanai oleh SMRC sendiri. Populasi tersebar 23,3 persen di Jakarta Barat, 10,9 di Jakarta Pusat, 22,1 persen di Jakarta Selatan, 27,4 persen di Jakarta Timur, 16,0 persen di Jakarta Utara, dan 0,3 persen di Kepulauan Seribu.
(Muspri-sisidunia.com)