Home » Techno » Penelitian, Orang Yang Gemar Posting di Medsos Diliputi Rasa Cemas

Penelitian, Orang Yang Gemar Posting di Medsos Diliputi Rasa Cemas



Jakarta – Ada fakta tersembunyi dibalik dinamisnya dunia media sosial dari mereka yang aktif dan gemar mem-posting banyak hal di akunnya.

Penelitian, Orang Yang Gemar Posting di Medsos Diliputi Rasa Cemas

Bila ada kawan atau kenalan yang gemar mem-posting foto atau selalu meng-update status, itu bisa menandakan bahwa mereka tengah merasa cemas atau tidak nyaman dalam sebuah hubungan.

Baca juga : Media Sosial Friendster : Sempat Hibernasi, Kini Terbangun Lagi

Persepsi itu pun telah terbukti melalui studi ilmiah yang digelar Union College di New York. Disimpulkan, orang yang sering mem-posting gambar, memberikan komentar, update status, atau memberikan ‘like’ sebenarnya tengah mencari perhatian.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (12/2/2015), studi terhadap 600 orang berusia 18 hingga 33 tahun itu juga menemukan bahwa ada dua jenis pengguna aktif Facebook, orang yang sebenarnya tengah merasa cemas dan orang yang memiliki kepribadian terbuka.

“Nah, orang yang tengah merasa cemas itu sebenarnya menginginkan dirinya menerima respons atau perhatian melalui Facebook,” kata Joshua Hart, profesor bidang psikologi sekaligus kepala penelitian dari Union College.

“Pasalnya, mereka pun mengaku merasa lebih lega ketika menerima banyak komentar, ‘likes’, dan respons lainnya terkait dengan apa pun yang mereka posting di Facebook,” tambah Hart.

Saat merasa cemas atau tidak nyaman dalam sebuah hubungan, orang butuh diyakinkan bahwa mereka masih dicintai banyak orang, karenanya mereka berusaha mendapatkannya melalui Facebook. Studi itu telah dipublikasikan dalam jurnal Personality and Individual Differences. (bens – sisidunia.com)