sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Pemerintah DKI Luncurkan Transjakarta Cares Khusus Untuk Penyandang Disabilitas

Pemerintah DKI Luncurkan Transjakarta Cares Khusus Untuk Penyandang Disabilitas



Jakarta – PT Transportasi Jakarta mengeluarkan layanan baru khusus untuk warga penyandang disabilitas. Layanan baru itu berupa sebuah mobil yang dinamakan “transjakarta Cares” dan akan beroperasi menjemput warga penyandang disabilitas.

Pemerintah DKI Luncurkan Transjakarta Cares Khusus Untuk Penyandang Disabilitas

“Pak Gubernur sudah mengeluarkan pergub tentang layanan gratis ke beberapa kelompok masyarakat. Kami sebagai BUMD di bawah pemprov, akan ikut program besar pemprov. Makanya kami buat layanan itu,” ujar Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (19/10/2016).

Saat ini, ada 5 mobil transjakarta cares yang akan melayani penyandang disabilitas di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.

Warga penyandang disabilitas bisa memesan mobil transjakarta cares dengan cara menghubungi call center 1500 102 satu hari sebelumnya.

Nantinya, warga penyandang disabilitas yang memesan akan dijemput di rumah masing-masing dan diantar ke halte bus transjakarta ramah disabilitas yang terdekat. Ada 10 halte yang memiliki jembatan penyeberangan orang (JPO) ramah kaum disabilitas, salah satunya adalah halte Monas.

Budi mengatakan, halte yang ramah penyandang disabilitas akan diberi tanda warna hijau pada tiangnya. Di setiap mobil transjakarta cares terdapat 1 pengemudi dan 1 petugas yang terlatih melayani penyandang disabilitas.

“Kami menargetkan untuk mengoperasikan 40 unit kendaraan dalam waktu dekat,” ujar Budi.

Pemprov DKI Jakarta akan terus berusaha meningkatkan layanan bus transjakarta. Selain transjakarta cares, ada juga bus lower deck dan kebijakan naik bus transjakarta gratis untuk PNS, pegawai swasta, personel TNI/Polri, dan lainnya.
(Muspri-sisidunia.com)