sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Pemerintah Akan Membiayai Proyek Kereta Semi Cepat

Pemerintah Akan Membiayai Proyek Kereta Semi Cepat



Jakarta – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah Indonesia akan membiayai tahap studi kelayakan (feasibilty study) proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Artinya, pemerintah dipastikan turut andil dalam salah satu proyek teranyar pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla ini.

Pemerintah Akan Membiayai Proyek Kereta Semi Cepat

“Pembiayaan studi kelayakan akan ditanggung oleh Pemerintah dan akan dilakukan oleh BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) jadi pemerintah punya andil,” ucapnya saat ditemui di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Baca juga : Bangun Kereta Tercepat Didunia Bisa Melesat 500 Km/Jam

Diharapkan studi kelayakan ini akan bisa rampung secepat mungkin dalam waktu dekat. “Kereta cepat kalau boleh sih Desember, tapi BPPT bilang mereka (Jepang) bilang Januari 2017,” tuturnya.

Proyek ini, kata Luhut, bukan proyek baru yang disepakati oleh pihaknya dengan pemerintahan Jepang. Namun melainkan ini merupakan tindak lanjut kesepakatan yang disepakati oleh Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dalam lawatannya ke Negeri Sakuta belum lama ini.

Akan tetapi, Luhut belum bisa memastikan apakah proyek ini akan dikerjakan Jepang. Sebab, bila pemerintah Jepang tidak bisa memberikan teknologi dan angka yang lebih murah, maka bisa saja pemerintah Indonesia akan menawarkannya kepada pihak lain.

“Kita sudah belajar dari proyek Jakarta-Bandung. Saya sudah bicara dengan Ibu Rini (Menteri BUMN), (kami sepakat) yang akan membiayai (studi kelayakan) adalah pemerintah. Karena kita tidak mau didikte,” tukasnya. (bens – sisidunia.com)