sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Travel & Kuliner » Pesta Pesona Budaya Tabuik Piaman Disaksikan Ribuan Wisatawan

Pesta Pesona Budaya Tabuik Piaman Disaksikan Ribuan Wisatawan



Pariaman – Penutupan Pesta Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2016 disaksikan ribuan wisatawan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Pesta Pesona Budaya Tabuik Piaman Disaksikan Ribuan Wisatawan

Duta Besar Republik Indonesia untuk negara Iran, Octavino Alimudin, di Pariaman, Minggu, mengatakan even pesta Budaya Tabuik merupakan kegiatan pariwisata yang secara rutin dilaksanakan oleh pemerintah setempat dalam menunjang sektor pariwisata.

Baca juga : Mendorong Para Pelajar Untuk Menekuni Seni Batik

“Tradisi Pesta Budaya Tabuik diketahui sudah berlangsung sejak 1820 silam, dan hingga saat ini tetap mampu bertahan dalam menunjang sektor pariwisata,” kata dia.

Dubes berharap kedepan penyelenggaraan Pesta Budaya Tabuik mampu mendatangkan kurang lebih 2000 wisatawan asal negara Iran.

“Setiap tahun kurang lebih tercatat 7000 wisatawan asal Iran yang melancong ke Indonesia, hal tersebut karena negara kita memiliki berbagai keindahan objek wisata,” jelasnya.

Ia mengatakan kegiatan even Pesta Budaya Tabuik merupakan suatu modal besar oleh daerah dalam mengembangkan sektor pariwisata Sumbar.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan pemerintah provinsi sangat mendukung berbagai upaya Kota Pariaman dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Ia berharap even Pesta Budaya Tabuik hendaknya terus dilaksanakan secara rutin setiap tahun sebagai upaya nyata dalam mendukung pariwisata daerah.

“Pemerintah Provinsi menilai Pesta Budaya Tabuik layak dijadikan sebagai agenda pariwisata berskala nasional karena mampu menarik para pelancong dari dalam maupun negeri,” ujarnya.

Prosesi pelaksanaan Pesta Budaya Tabuik sempat terhenti beberapa jam akibat hujan deras disertai badai yang mengguyur kota itu sejak Minggu pagi.

Baru bisa dilanjutkan setelah hujan reda prosesi “Tabuik Naiak Pangkek” sekitar pukul 14.00 WIB. Pihak penyelenggara baru bisa membawa Tabuik ke Pantai Gandoriah untuk dibuang ke laut bebas. (bens – sisidunia.com)