Home » Gaya Hidup » Ampuh Atasi Nyeri Haid, Lakukan Gerakan Yoga Ini Sekarang !

Ampuh Atasi Nyeri Haid, Lakukan Gerakan Yoga Ini Sekarang !



Jakarta – Setiap bulan ketika sudah mendekati tamu bulanan datang, gak sedikit para cewek harus merasakan sakitnya (Premenstrual syndrome) PMS. Tanda-tanda PMS bisa berbeda pada setiap cewek. Namun satu hal yang mereka rasakan sama yaitu: ketidaknyamanan.

Ampuh Atasi Nyeri Haid, Lakukan Gerakan Yoga Ini Sekarang !

Namun tenang, ada kok cara mudah untuk mengurangi nyeri akibat PMS. Salah satunya adalah dengan yoga dan meditasi. Yoga adalah cara relaksasi yang bisa menetralkan pikiran dan peregangan untuk bisa bekerja lebih tenang. Jadi lakukan yoga berikut ini beberapa menit setiap hari selama kamu PMS dan menstruasi, maka pikiran dan tubuhmu bisa tetap sehat dan tenang kembali.

1. Child’s Pose
Letakkan lutut di bawah pinggul, dan perlahan turunkan kepala ke lantai sementara kamu dengan rileks mengambil nafas. Biarkan dahimu menyentuh matras yoga. Hitung hingga 20 kali tarikan nafas dan kemudian kembali ke posisi semula. Ulangi pose ini sebanyak lima kali. Child’s pose mengurangi nyeri di sekitar paha, meringankan nyeri di daerah punggung, pundak, leher dan pinggul.

2. Half Lord of the Fishes Pose (Ardha Matsyendrasana)
Duduk dengan punggung tegak lurus, silangkan kaki kananmu ke atas kaki kiri seperti pada gambar. Tahan posisi seperti ini selama 20 kali tarikan nafas. Kemudian lakukan posisi sebaliknya dengan jumlah tarikan nafas yang sama. Half lord of the fishes pose akan membantumu melemaskan otot punggung, dan merilekskan organ dalam perutmu.

3. Crocodile Pose (Makarasana)
Berbaring dengan wajah menghadap ke lantai dan tangan ditekuk ke dalam. Rilekskan kaki dan buka perlahan-lahan, ujung kaki sebisa mungkin ditempelkan pada lantai. Kemudian kencangkan otot pantat dan tekan perlahan-lahan ke lantai. Tahan posisi ini selama 20 detik dan kemudian rileks. Ulangi sebanyak lima-enam kali. Crocodile pose akan membantumu untuk merilekskan anggota tubuh seperti punggung kaki, lengan, dan pantat. Pose ini juga akan mencegahmu untuk mengalami konstipasi.

Cobalah beberapa tips yoga di atas untuk menyingkirkan nyeri yang datang ketika PMS melanda. Waktu yang tepat untuk yoga adalah tiga-empat jam setelah makan. Selamat mencoba!
(Muspri-sisidunia.com)