Home » Travel & Kuliner » Pemkot Surabaya Akan Ubah Kali Jagir Jadi Ikon Wisata

Pemkot Surabaya Akan Ubah Kali Jagir Jadi Ikon Wisata



Surabaya – Pengembang properti Sinarmas Land Group akan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya untuk merevitalisasi sungai atau Kali Jagir dan menjadikan kawasan itu sebagai ikon wisata.

Pemkot Surabaya Akan Ubah Kali Jagir Jadi Ikon Wisata

Project Division Head PT Binamaju Mitra Sejati (Sinarmas Land Group), Aditya Sutantio mengatakan revitalisasi tersebut sejalan dengan proyek apartemen Klaska Residence yang dibangun tepat di kawasan Jagir atau tepat di Mangga Dua Surabaya.

“Kami dan pihak-pihak lain seperti pemkot akan mengubah wajah Kali jagir ini menjadi lebih indah, dan pembangunan main gate (gerbang) Klaska Residence dengan investasi Rp1,5 miliar ini menjadi titik awal revitalisasi Jagir,” jelasnya di sela-sela Ground Breaking Klaska Residence Main Gate, Rabu (12/10/2016).

Koordinator Sales and Promotion Sinarmas Land, East Indonesia, Arvina Syawir menjelaskan Jagir merupakan salah satu kawasan heritage, tetapi selama ini belum tersentuh oleh pemerintah dalam hal pengembangan.

“Selama ini di sepanjang sungai dari pintu air sampai Nginden penataannya masih belum rapi. Nah kami ingin mengubahnya yakni dengan dibuatkan pedestrian street di bantaran sungainya, lalu ada floating market, dan counter-counter jajanan sehingga Jagir punya nilai jual,” jelasnya.

Dia menambahkan, revitalisasi tersebut kecuali pada pintu air Jagir tidak dilakukan perubahan karena pintu air tersebut memiliki sejarah dan merupakan bangunan heritage.

“Kami ingin Jagir juga menjadi ikon wisata air Kota Surabaya selain wisata Kalimas,” imbuhnya.
(Muspri-sisidunia.com)