Home » News » Jokowi Akan Tebar Produk Indonesia Ke Afrika Hingga Iran

Jokowi Akan Tebar Produk Indonesia Ke Afrika Hingga Iran



Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, beberapa negara yang akan menjadi potensi bagi produk-produk dalam negeri. Terutama, untuk produk-produk kampung atau daerah yang selama ini memiliki nilai jual tinggi.

Jokowi Akan Tebar Produk Indonesia Ke Afrika Hingga Iran

Negara yang dituju Jokowi, seperti Afrika, India, Amerika Latin, hingga Iran. “Afrika ini adalah pasar yang baik untuk produk-produk kita,” kata Jokowi di acara Trade Expo Indonesia (TEI) ke-31 di JI-Expo, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Menurut Jokowi, Afrika masih berpotensi untuk produk-produk nasional yang levelnya menengah ke bawah. Untuk India, salah satu pemicu untuk dimasuki adalah jumlah penduduknya yang sangat besar.

“Ini juga sebuah ruang yang bisa kita masuki. Seperti Bangladesh, ini juga tidak pernah kita perhatikan,” tambahnya. Untuk Amerika Latin, dan Iran yang terang-terangan membuka diri bagi produk Indonesia harus segera ditindak lanjuti.

Hanya saja, kata Jokowi, produk-produk nasional harus memenuhi beberapa syarat agar memiliki nilai yang tidak kalah dengan produk negara-negara lain. Mulai dari desain dan juga kemasan.

Untuk mempromosikan produk Indonesia, Jokowi mengaku akan mengkaji kembali, pasalnya selama ini dana tersebut tersebar baik di pusat maupun di daerah.

“Dulu, ada 17 Kementerian/Lembaga yang mempunyai dana promosi, yang tidak terintegrasi, tidak terkonsentrasi sehingga tujuannya ke mana, arahnya ke mana. Menjadi berceceran. Ini yang sudah dikumpulkan, nanti akan kelihatan. Fokus, konsentrasi, bisa masuk ke pasar yang kita inginkan,” tandasnya. (bens – sisidunia.com)