Home » News » Tito Karnavian Perintahkan Seluruh Kapolda Bentuk Tim Operasi Pungli

Tito Karnavian Perintahkan Seluruh Kapolda Bentuk Tim Operasi Pungli



Jakarta – Kepala Polisi Republik Indonesia Jendral Tito Karnavian akan melakukan operasi pemberantasan pungutan liar (pungli), tidak hanya pada badan atau instansi lain tetapi juga di internal kepolisian.

Tito Karnavian Perintahkan Seluruh Kapolda Bentuk Tim Operasi Pungli

Seperti diketahui, kepolisian merupakan salah satu instansi yang menyelenggarakan layanan publik khususnya proses perizinan yang rawan menjadi celah bagi aksi pungutan liar seperti pengurusan SIM, BPKB, STNK, dan lain-lain.

“Tapi jangan salah, internal pun sudah saya sampaikan kemarin, internal pun kita lakukan juga operasi pungli,” katanya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (12/11/2016).

Tito menyatakan, operasi pemberantasan pungli (OPP) merupakan salah satu program yang akan diluncurkan Presiden Joko Widodo sebagai bagian dari reformasi hukum guna membersihkan setiap instansi yang menyelenggarakan layanan publik dari tindakan pungutan liar.

Tito akan menginstruksikan setiap kapolda di Indonesia untuk membentuk tim guna menjalankan operasi ini.

“Jadi ini akan terus berlanjut dan saya akan video conference-kan dengan seluruh Kapolda. Saya minta seluruh Kapolda membentuk tim operasi pemberantasan pungli (OPP) yang sasarannya adalah layanan publik.” kata Tito.

Sebelumnya, pada Selasa (11/10/2016) enam orang yang diduga terlibat dalam tindakan pungutan liar dalam pengurusan perizinan di tubuh Kementerian Perhubungan digiring ke Mapolda Metro Jaya dalam sebuah operasi tangkap tangan.

Keenam tersangka tersebut, yakni satu orang calo dan lima orang petugas dari Kementerian Perhubungan. (bens – sisidunia.com)