sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Ahok Ngotot Plt Gubernur Tak Miliki Kewenangan Tandatangani APBD

Ahok Ngotot Plt Gubernur Tak Miliki Kewenangan Tandatangani APBD



Jakarta – Gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) merasa bingung dengan aturan Kementerian Dalam Negeri terkait cuti kampanye.

Ahok Ngotot Plt Gubernur Tak Miliki Kewenangan Tandatangani APBD

Disebutkan, pada peraturan bahwa pelaksana tugas (plt) yang menggantikan posisi gubernur untuk sementara saat mengikuti Pilkada DKI 2017 boleh menandatangani Anggaran Bendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kata Kemendagri sah, apa Permendagri bisa mengalahkan undang-undang, bahkan UUD 1945? Itu sesuatu yang kita bisa berdebat,” kata Ahok di Balai Kota DKI, Selasa (11/10/2016).

Menurut Ahok, palaksana tugas tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penandatanganan APBD, pasalnya yang berwenang adalah kepala daerah, dalam hal ini gubernur, sebagaimana yang tercantum dalam Undang-undang Dasar 1945.

Plt tidak melakukan serah terima pembukuan. Oleh karena itu, Ahok mengajukan judicial review kepada Mahkamah Konstitusi, pasalnya cuti kampanye 4 bulan dalam UU Pemilu bertabrakan dengan UUD 1945.

“Itulah, kita butuh ada Mahkamah Kontitusi. Supaya kalau ada kebingungan soal konstitusi bisa dibawa ke sana,” ujar Ahok. (bens – sisidunia.com)