Home » News » Pemerintah Saudi Selidiki Serangan Udara Yang Menewaskan 140 Orang

Pemerintah Saudi Selidiki Serangan Udara Yang Menewaskan 140 Orang



Yaman – Koalisi pimpinan Arab Saudi yang memerangi pemberontak Yaman akan menyelidiki serangan udara yang menewaskan lebih dari 140 orang di sebuah pemakaman di ibukota, Sanaa.

Pemerintah Saudi Selidiki Serangan Udara Yang Menewaskan 140 Orang

Mereka akan “segera menyelidiki kasus ini” bersama dengan para ahli dari Amerika Serikat. Arab Saudi sebelumnya membantah tuduhan pemerintah yang dijalankan pemberontak Houthi bahwa koalisi Saudi adalah pelakunya. Serangan menyasar pada pemakaman ayah dari Galal al-Rawishan itu, Menteri Dalam Negeri yang ditunjuk Houthi.

Koalisi pimpinan Saudi mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Koalisi akan segera menyelidiki kasus ini bersama dengan Tim Gabungan di Yaman dan para ahli dari Amerika Serikat yang sudah terlibat dalam penyelidikan sebelumnya.”

Yang dimaksud adalah “laporan tentang pemboman yang disesalkan dan menyakitkan” di Sanaa, dan menambahkan: “Koalisi menegaskan bahwa pasukannya mendapatkan instruksi yang jelas untuk tidak menyasar daerah-daerah berpenduduk dan untuk menghindari korban warga sipil.”

Dia mengatakan, sementara AS fokus pada upaya mengakhiri konflik di Yaman, mereka “siap untuk menyesuaikan dukungan kami agar lebih selaras dengan prinsip, nilai-nilai dan kepentingan AS”.

Juru bicara Houthi Mohammed Abdul-Salam menyebut serangan itu merupakan tindakan ‘genosida’. Koordinator badan kemanusiaan PBB untuk Yaman, Jamie McGoldrick, mengutuk serangan Sabtu yang disebutnya sebagai ‘serangan yang mengerikan’. Dia mengatakan bahwa para pekerja bantuan kemanusiaan yang tiba di lokasi kejadian tersebut menjadi ‘terguncang dan sangat marah’.
(Muspri-sisidunia.com)