sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Travel & Kuliner » Misterius Harta Karun 3 Kota Emas

Misterius Harta Karun 3 Kota Emas



Jakarta – Pada Abad ke-15, Age of Discovery atau zaman penemuan dimulai di Eropa. Kekaisaran Spanyol dan Portugis, para raksasa laut, membiayai ekspedisi pelayaran menyeberangi samudra, untuk menemukan apa yang mereka sebut sebagai Dunia Baru (New World).

Misterius Harta Karun 3 Kota Emas

Salah satu tujuan penjelajahan samudra adalah untuk mengumpulkan pundi-pundi harta. Pertemuan dengan sejumlah penduduk lokal memunculkan banyak legenda tentang peradaban besar yang punah atau tersembunyi, yang konon meninggalkan warisan berharga yang belum terjamah.

Namun, pencarian besar-besaran tersebut berakhir dengan kegagalan. Tiga kota yang diyakini dibangun dari emas tak pernah ditemukan, bahkan hingga kini ketika teknologi jauh lebih maju dari masa lalu. Berikut kota emas peninggalan peradaban masa lalu yang hingga kini masih jadi misteri:

1. El Dorado
El Dorado konon adalah sebuah kota kaya raya yang terbuat dari emas, bahkan tubuh rajanya diselimuti serbuk emas. Benar, banyak emas ditemukan di sana. Namun, temuan arkeolog baru-baru ini menyebut, seluruh perjalanan bangsa Eropa menemukan sebuah kota emas, sia-sia. Sebab, El Dorado bukan tempat melainkan orang.
Kisah ini lalu ditulis ulang oleh orang Spanyol di awal Abad ke-16, Juan Rodriguez Freyle. Dalam tulisannya, “The Conquest and Discovery of the New Kingdom of Granada” terbit tahun 1939, Freyle menceritakan, saat pemimpin Muisca meninggal, dipilihlah penggantinya–biasanya kemenakan lelaki mendiang.
“Untuk rakyat Muisca hari ini, seperti halnya bagi leluhur kami, emas tidak lebih dari sekadar persembahan … emas tidak mewakili simbol kekayaan bagi kami,” kata keturunan Muisca, Enrique Gonzalez.

2. Ciudad Blanca
Legenda mengisahkan keberadaan Ciudad Blanca atau “Kota Putih” yang penuh emas bernilai tinggi. Yang menjadi buruan para penjelajah dan pemburu harta karun sejak penakluk Hernando Cortes menyebutnya dalam surat yang ditujukan pada Raja Spayol, Charles V tahun 1526 silam.
Kota itu konon menjadi tempat lahir Dewa Aztec, Quetzalcoatl. Di mana patung sang dewa yang terbuat dari emas dan ukiran batu putih bertebaran di sana. Namun, tak ada konfirmasi tentang keberadaan kota tersebut.
“Data LiDAR menunjukkan, sisa-sisa pemukiman yang bisa dicirikan sebagai kota kuno berdasarkan kompleksitas spasial, ukuran dan pengaturan,” kata pengajar Colorado State University, Christopher Fisher, yang memimpin penelitian, seperti dimuat Daily Mail.
“Kami mungkin tak akan bisa memastikan apakah itu Ciudad Blanca yang dicari, atau apakah kota legendaris itu benar adanya. Namun, berdasarkan bukti data, kami bisa menyatakan, di sana ada wilayah pemukiman dengan lingkungan yang dimodifikasi oleh manusia,” tambah dia.

3. Cibola
Legenda Cibola atau Tujuh Kota Emas memiliki keterkaitan dengan legenda mengenai nasib Don Rodrigo dari Spanyol yang kehilangan kerajaannya pada Abad ke-8 Masehi — setelah kalah dari pasukan Muslim. Seperti dikutip dari situs Ancient Origins, sang raja muda memutuskan untuk mengirim ekspedisi yang lebih besar pada tahun berikutnya, kali ini di bawah kepemimpinan conquistador atau penakluk Francisco Vázquez de Coronado.
Coronado memimpin 350 tentara Spanyol, ditambah pasukan bantuan dari penduduk lokal yang jumlahnya antara 900 hingga 1.300 untuk mencari harta itu. Ekspedisi itu berlangsung sekitar dua tahun. Hasilnya, gagal total. Alih-alih menemukan kota besar dengan dinding terbuat dari emas, Coronado dan anak buahnya menemukan desa adat sederhana dengan dinding lumpur.
(Muspri-sisidunia.com)