sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Dituntut 20 Tahun Penjara, Pengacara Tuding Jaksa Lakukan Manipulasi

Dituntut 20 Tahun Penjara, Pengacara Tuding Jaksa Lakukan Manipulasi



Jakarta – Ketua tim kuasa hukum Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan menuding Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah melakukan manipulasi fakta. Hal itu dikatakan Otto setelah jaksa menyebutkan jumlah sianida yang dimasukkan ke dalam es kopi Vietnam yang diminum Wayan Mirna Salihin sebanyak 5 gram.

Dituntut 20 Tahun Penjara, Pengacara Tuding Jaksa Lakukan Manipulasi

“Ya terlalu berani dong bilang lima gram. Padahal kita kan jutaan orang menonton mana pernah ada?” sindir Otto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2016).

Apa yang dipaparkan jaksa sebelum membacakan tuntutan tadi dinilai Otto suatu hal yang manipulatif. Mengingat, selama 26 kali sidang berjalan, tidak ada satupun ahli yang berani mengatakan jumlah kadar sianida tersebut. Bahkan, ahli toksikologi forensik dari Mabes Polri, Kombes Nur Samran pun tak pernah mengatakan hal itu.

“Padahal selama ini satu saksi pun tidak pernah ada yang mengatakan itu, termasuk Nur atau siapapun tak satupun saksi yang melihat dimasukkan sianida di sana. Bahkan, Nur sendiri dengan percobaannya dia mengambil tas sesuatu dan tidak berani juga mengatakan dimasukkan ke dalam gelas,” papar Otto.

Menurut Otto, bila dengan berani mengatakan jumlah takaran sianida, artinya jaksa melihat racun sianida tersebut. Padahal, tak ada bukti yang memperlihatkan Jessica menuang racun sianida ke kopi yang diminum Mirna.

“Lima gram lagi, berarti dia hitung. Kalau sudah diketahui lima gram berarti ada dong barangnya dong? Kan itu aja gampang kita terapkan, berarti ada barangnya, ya kan? Kalau ada barangnya berarti jaksa lihat barangnya, ditimbang dong berarti kan? Jadi ini saya kira kesimpulan yang luar biasa, beraninya jaksa itu, luar biasa sekali saya tidak menyangka begitu,” tutupnya.
(Muspri-sisidunia.com)