Home » News » Tuntuan Driver Gojek Dijawab Dua Minggu Mendatang

Tuntuan Driver Gojek Dijawab Dua Minggu Mendatang



Jakarta – Gedung Biro Ops Polda Metro Jaya menjadi sarana mediasi antara CEO Go-Jek, Nadiem Makarim dan para driver-nya untuk membahas tuntutan pada demo besar-besaran di Kantor Pusat Go-Jek, Kemang, Jakarta Selatan.

Tuntuan Driver Gojek Dijawab Dua Minggu Mendatang

Setelah dua jam menggelar rapat intensif, belum ada titik temu antara kedua belah pihak. Nadiem justru meminta waktu selama dua minggu agar pihak manajemen bisa memikirkan ulang soal sistem baru yang dikeluhkan driver bernama ‘performa’ dan ‘suspend’.

“Dalam dua minggu ke depan saya mungkin akan menganalisa, mengkaji lagi kebijakan-kebijakan ini dan pada saat itu saya akan berkumpul lagi dengan para driver untuk bisa menjelaskan alasan dari kebijakan tersebut,” kata Nadiem di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Alasan Nadiem belum bisa memberikan keputusan apapun terkait tuntutan dikarenakan banyaknya driver yang belum mengerti alasan manajemen memberlakukan aturan baru. “Belum ada keputusan, pada saat ini masa penjelasan karena banyak dari grup driver yang belum mengerti alasannya kenapa kita melakukan ini. Mungkin sosialisasi kita kurang melakukan itu,” imbuhnya.

Soal performa dan suspend yang dikeluhkan driver sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan performa Go-Jek yang saat ini tengah naik daun. Dengan diberlakukannya performa itu, pengemudi ojek berbasis aplikasi tersebut tak bisa memilih-milih penumpangnya.

Tak hanya itu, mereka juga tidak bisa menolak mengantar penumpangnya. Sebab, jika hal itu dilakukan, akun mereka bisa kena suspend untuk beberapa jam dan tidak mendapat bonus tambahan.

“Ada suatu kondisi kaya misalnya cancel enggak boleh kebanyakan, enggak boleh reject. Jadi, untuk driver yang mau dapat bonus dia tidak terlalu dapat fleksibilitas. (Performa) hanya bonus saja, bukan pendapatan sehari hari tapi bonusnya dia,” papar Nadiem.

Menanggapi hal itu, salah seorang perwakilan Go-Jek asal Jakarta Timur, Rusdi Haryanto mengaku puas dengan pertemuan tersebut. Dia berterima kasih atas itikad baik Nadiem yang mau mempertimbangkan tuntutan driver selama dua minggu ke depan.

“Tuntutannya sudah kita sampaikan dan akan dievaluasi selama dua minggu. Hasil ini kami sangat puas, kami berterima kasih atas itikad baik Pak Nadiem dan kami akan nunggu selama dua minggu,” timpal Rusdi.

Jika nantinya manajemen tidak mengabulkan tuntutan driver. Rusdi dan rekannya berjanji tak akan melakukan demo serupa. “Insya Allah enggak, kami janji,” tutupnya. (bens – sisidunia.com)