sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Techno » Harapkan Kinerja KPI Semakin Baik

Harapkan Kinerja KPI Semakin Baik



Jakarta – Anggota Komisi 1 DPR Ri, Supiadin Aries Putra, mengharapkan agar kinerja Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) semakin baik pasca dilantiknya komisioner yang baru oleh Presiden. Hal itu disampaikan ketika RDP dengan Komisi Penyiaran Indonesia pada Selasa (20/9) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Harapkan Kinerja KPI Semakin Baik

“Saya ingin sampaikan selamat atas pelantikan KPI. Dengan wajah baru ini kita harapkan kinerjanya jadi semangat. Semangat baru, harapan baru,” papar Supiadin.

Dalam RDP tersebut, Supiadin menyampaikan permintaan KPID Makassar diberikan kewenangan untuk melakukan sensor terhadap siaran televisi nasional di daerah. Pasalnya kultur dari masing-masing daerah memiliki perbedaan dan ciri khas.

“Materi yang sudah disensor dan yang tidak disensor oleh KPI Pusat itu belum tentu juga layak ditonton didaerah karena tidak sesuai dengan kultur daerah. Kan daerah punya kultur dan kearifan lokal yang menurut kacamata nasional itu bagus, tapi menurut kacamata daerah tidak,” jelas Supiadin.

Ia pun meminta pendapat dari KPI Pusat soal permintaan KPID Makassar tersebut.

“Ini hasil kunker Panja Penyiaran ke Makassar, dan KPID Makassar itu memberi masukan. Sehingga mereka minta ingin diberi peran untuk melakukan sensor terhadap program TV Nasional yang siarannya sampai daerah”, papar Politisi Nasdem ini.

Selain itu, Supiadin juga meminta penjelasan KPI soal sensor yang tidak kontekstual, semisal siaran olahraga renang.

“Tentang sensor yang tidak kontekstual, ya namanya olahraga renang itu memang tidak mungkin pakai baju, tetapi ya pakai pakaian renang. Lah kenapa disiaran itu diblur?”, tanyanya.

Ini menjadi tantangan baru KPI untuk dapat menyelesaikan beberapa pertanyaan publik terkait konteks siaran tersebut. Meskipun begitu, Supiadin tetap berharap kinerja KPI semakin baik dengan pasca dilantiknya oleh Presiden pada beberapa waktu lalu.
(Muspri-sisidunia.com)