Home » Sport » Debut Bareng Tim U20, Penampilan Bocah 13 Tahun Ini Memukau

Debut Bareng Tim U20, Penampilan Bocah 13 Tahun Ini Memukau



Skotlandia – Masyarakat sepakbola di Skotlandia saat ini sedang tertuju pada tim Glasgow Celtic. Bukan karena penampilan baik Moussa Dembele ketika melawan Manchester City pada Liga Champions beberapa pekan lalu, melainkan karena tim Celtic U-20.

Debut Bareng Tim U20, Penampilan Bocah 13 Tahun Ini Memukau

Ternyata ada Lionel Messi di tim Celtic U-20. Begitulah klaim yang ditulis oleh sejumlah media di Skotlandia dan juga Inggris. Tentunya bukan Lionel Messi benaran. Messi yang dimaksud adalah Karamoko Dembele.

Karamoko Kader Dembele baru saja menciptakan sensasi tersendiri. Di usianya yang masih 13 tahun, ia sudah mampu menembus tim Celtic U20 untuk menjalani debut di Development League. Meskipun laga perdananya masih menempatkan Dembele ‘sebagai cameo’, bocah cilik ini tidak gentar berhadapan dengan para pemain lawan yang usianya jauh di atasnya.

Kebanyakan anak di usia 13 tahun masih sibuk dengan game FIFA17 atau PES 17. Tapi yang dilakukan oleh Karamoko Dembele bakal membuat anak seusianya cemburu berat. Pasalnya, Senin lalu, ia sudah tampil untuk tim Celtic U20. Dembele bermain selama sembilan menit terakhir dalam laga kontra Hearts di Cappielow Park yang berakhir dengan kemenangan telak 3-0 untuk Celtic.

Sebelumnya, kemunculan Dembele ini tidak terlepas dari berkurangnya skuat Celtic U20. Karena pemanggilan para pemain kunci untuk pertandingan internasional, seperti Ross Doohan, Anthony Ralston, Mark Hill, Regan Hendry, Calvin Miller, dan PJ Crossan yang masuk Skotlandia U19, jumlah pemain yang tersisa di tim ini ‘tidak mencukupi’.

Oleh karenanya Dembele diangkut oleh pelatih Tommy McIntyre. Bukan cuma untuk menggenapi jumlah pemain cadangan, tetapi untuk melakoni pertandingan.

Situs resmi Celtic menyebutkan, Karamoko Dembele yang menggantikan Jack Aitchison, tidak gugup untuk berlaga. Padahal, dari segi postur tubuh, Dembele tampak sangat mungil dibandingkan para seniornya, baik di kubu kawan maupun lawan. Dituliskan, “Dembele tidak terlihat kehilangan posisi, dan memainkan bagiannya di sisa pertandingan.”

Sensasi yang dibuat Karamoko Dembele ini membuat banyak orang kagum, sekaligus bertanya-tanya. Tentu besar harapan kita, Dembele tidak mengulang kisah buruk yang pernah menimpa Freddy Adu. Pemain asal Amerika Serikat yang pernah begitu dikagumi dunia di usia 13 tahun, tetapi pada akhirnya punya karier yang sangat jauh dari harapan.
(Muspri-sisidunia.com)