sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Manfaat Gerakan Shalat Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Gerakan Shalat Bagi Tubuh Manusia



Surabaya – Shalat merupakan bagian dari ritual atau peribadatan hamba dengan Tuhannya dalam Agama Islam. Kewajiban bagi seorang muslim adalah menjalankan ibadah shalat 5 waktu dalam sehari.

Manfaat Gerakan Shalat Bagi Tubuh Manusia

Ternyata gerakan shalat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dalam setiap gerakan sholat memiliki keunggulan masing-masing dimana menyebabkan adanya rangsangan sel dan peredaran darah dalam tubuh agar dapat bekerja lebih optimal. Berikut ini beberapa penjelasan tentang manfaat gerakan shalat :

1. Takbiratul Ihram
Gerakan ini dilakukan dengan berdiri tegap, mengangkat kedua tangan sejajar daun telinga kemudian disedekapkan didepan dada. Manfaatnya adalah dapat membuat pernapasan menjadi lancar dan teratur. Selain itu, otot kedua tangan serta bahu akan berkontraksi dan membuatnya menjadi lebih kuat dan kencang.

2. Rukuk
Gerakan ini dilakukan dengan cara membungkukkan badan ke depan sehingga kedua tangan bertumpu pada tumit. Manfaat gerakan ini adalah menyebabkan kontraksi otot pada bagian punggung hingga pantat. Sementara itu aliran darah terutama pada bagian tubuh atas akan terasa lebih lancar serta kedua tangan yang memegang tumit akan sedikit tertarik dan terasa lebih kencang.

3. Sujud
Gerakan ini dilakukan dengan cara meletakkan kepala ke alas lantai sehingga dahi dan ujung hidung menyentuh alas lantai. Sementara itu jari-jari kaki dibengkokkan dan kedua telapak tangan juga menyentuh alas lanti. Gerakan ini dapat membuat aliran darah ke kepala akan mengalir dengan optimal.

4. Memaksimalkan Fungsi Otak
Gerakan sujud yang dilakukan dengan benar, relatif lama dan teratur akan membuat menjadi lebih cerdas dan kreatif. Gerakan sujud juga membuat otot dari leher hingga kaki akan bereaksi dan berkontraksi sehingga jadi lebih kuat dan kencang.

5. Duduk
Gerakan duduk dimana pantat dan paha bertumpu pada bagian kaki bawah. Manfaatnya adalah dapat menyebabkan otot kaki tertekan dan peredaran darah akan terpompa lebih maksimal. Jika dilakukan secara teratur dapat mencegah penyakit linu atau nyeri pada bagian kaki.

6. Salam
Gerakan ini dilakukan secara sederhana, yaitu dengan memutar kepala kekanan dan kekiri hingga melihat kebelakang. Jika gerakan ini dilakukan dengan benar dan teratur akan membuat otot dibagian leher akan lebih terlatih dan kencang serta memperlancar peredaran darah.
(Muspri-sisidunia.com)