Home » News » Sandiaga Uno Menjawab Tudingan Dirinya Punya Aset Diluar Negeri

Sandiaga Uno Menjawab Tudingan Dirinya Punya Aset Diluar Negeri



Jakarta – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandi Salahudin Uno membantah tetang penyembuyian kekayaannya di luar negeri. Sandi menegaskan, hartanya kebanyakan berada di Indonesia.

Sandiaga Uno Menjawab Tudingan Dirinya Punya Aset Diluar Negeri

“Untuk konfirmasi dari berita yang banyak keluar, ternyata hasil yang dilaporkan jauh lebih sedikit dan 97 persen dari nilai harta dan kekayaan saya ada di Indonesia,” ujar Sandi usai melaporkan harta kekayaan penyelenggara negara di Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis (29/9).

Ia menyatakan, tudingan menyimpan kekayaan yang dialamatkan kepadanya sudah dibantah dengan menyerahkan LHKPN kepada KPK. “Jadi itu menunjukkan bahwa tudingan kita melakukan penyimpanan aset di luar negeri itu saya bantah dengan data yang sudah ada di KPK,” kata dia.

Akan tetapi, Sandi enggan membeber nilai harta kekayaan yang dimiliki, termasuk yang ada di Indonesia. “Mengenai jumlah harta tadi kita sudah bicara ke dalam masih di proses. Kita hormati, nanti KPK akan laporkan kepada KPU dan diumumkan bersama,” paparnya.

Dalam Panama Papers, nama Sandiaga pernah masuk. Sebuah dokumen tentang perusahaan cangkang buatan firma hukum Mossack Fonseca yang berbasis di Panama.

Sebelumnya, cagub DKI Jakarta menuding Sandi banyak menyimpan harta di luar negeri. Hal itu dilakukan Ahok menanggapi tantangan Sandi untuk mengikuti tax amnesty.

“Beda lah saya sama Sandiaga yang kaya, ngumpetin (harta) di luar negeri kan,” kata Ahok sembari terkekeh di Balai Kota DKI, Kamis (29/9). (bens – sisidunia.com)