Home » Travel & Kuliner » Mekarnya Rafflesia Arnoldii di Hutan Sumatra

Mekarnya Rafflesia Arnoldii di Hutan Sumatra



Sumatra – Bunga terbesar di dunia, Rafflesia Arnoldii kembali memekarkan kelopaknya di dua lokasi yang berbeda di hutan hujan Pulau Sumatera.

Mekarnya Rafflesia Arnoldii di Hutan Sumatra

Bunga yang memiliki aroma khas seperti daging busuk itu, mengembangkan mahkotanya di Hutan Taba Penanjung dan di Hutan Tebat Monok, Provinsi Bengkulu, dilansir Lonelyplanet, Selasa (27/9/2016).

Momen ini, berhasil menarik pengunjung yang penasaran untuk melihat secara langsung flora hasil penemuan Sir Stamford Raffles dan ahli botani Inggris, Joseph Arnold.

Ciri khas Bunga Rafflesia sendiri adalah memiliki bintik-bintik putih yang menghiasi warna merah tua pada kelopaknya.

Selain itu, bunga ini tidak memiliki akar ataupun daun, iaa hidup sebagai parasit di dalam kulit tanaman inang sampai siap merekahkan mahkotanya.

Keunikan lainnya adalah aroma menyengat yang dikeluarkan oleh bunga tersebut. Karena aromanya itu lah Bunga Rafflesia mendapat julukan ‘bunga bangkai’. H

Hingga saat ini, Bunga Rafflesia telah menjadi salah satu endemik Sumatera, serta menjadi simbol daerah setempat. Tak ayal jika penampakan bunga ini kerap muncul di perangko Indonesia dan brosur-brosur wisata.

Bagi wisatawan yang tertarik untuk melihat bunga tersebut, mereka harus segera mengunjungi Hutan Tebat Monok atau Hutan Taba Penanjung. Karena, waktu mekarnya bunga ini hanya berlangsung beberapa hari saja. (bens – sisidunia.com)