Home » News » KPK Terpukau Mendengar Paparan Risma Terkait Pelayanan Publik

KPK Terpukau Mendengar Paparan Risma Terkait Pelayanan Publik



Surabaya – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memuji sistem pelayanan publik di Kota Surabaya karena secara umum sudah terkomputerisasi dan dilakukan secara online. Sistem ini dinilainya mampu mencegah adanya korupsi.

KPK Terpukau Mendengar Paparan Risma Terkait Pelayanan Publik

“Saya terpukau mendengar paparan Bu Risma (Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, red) tadi soal pelayanan publik berbasis elektronik. Memang sudah seharusnya kemarin Bu Risma jadi Gubernur DKI,” ungkap salah satu pimpinanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata (Wakil Ketua) dalam sambutannya dalam Penandatangan Nota Kesepakatan Bersama Implementasi E-Government Pemkot Surabaya & Pelayanan Perizinan Terpadu dengan 5 Gubernur, 40 Bupati/Walikota yang difasilitasi KPK di Balai Kota, Rabu (28/9/2016).

Menurut Alexander, pelayanan publik berbasis elektronik yang digunakan Surabaya dan Sidoarjo itu, telah dijadikan KPK sebagai benchmark (tolak ukur kinerja) di tingkat nasional.

Pasalnya, dengan sistem bebasis teknologi, cukup membantu KPK dalam upaya menciptakan pemerintahan yang bersih dari korupsi.

“Tujuan aplikasi berbasis teknologi ini bertujuan untuk membatasi transaksi langsung yang sangat rentan dengan niat buruk. Selain itu, sistem aplikasi ini juga untuk mempercepat pelayanan kepada publik menuju pemerintahan yang bersih dan sehat,” jelasnya. (bens – sisidunia.com)