Home » News » Rusia ‘Barbar’ Dukung Gempuran di Aleppo

Rusia ‘Barbar’ Dukung Gempuran di Aleppo



Aleppo – Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Samantha Power, menyebut Rusia melakukan tindakan barbar dengan mendukung gempuran serangan udara di Aleppo yang diluncurkan oleh pasukan pemerintah Suriah, usai gencatan senjata berakhir pada awal pekan lalu.

Rusia 'Barbar' Dukung Gempuran di Aleppo

Solusi diplomatik nampaknya sulit untuk menghentikan pertempuran di Suriah, utamanya setelah perundingan alot para diplomat AS dan Rusia di rapat Dewan Keamanan PBB menemui jalan buntu. Perang pun kembali berkecamuk setelah gencatan senjata usai pada Senin (18/9) lalu.

Pasukan rezim Bashar al-Assad berambisi merebut kembali Aleppo dari kelompok pemberontak yang menguasai sejumlah wilayah di sana. Akibatnya, pasca gencatan senjata berakhir, Aleppo terus digempur oleh pasukan Suriah yang kini mencapai posisi terkuat mereka berkat dukungan Rusia dan Iran.

Pada akhir pekan kemarin saja, ada laporan bahwa kota itu dibombardir oleh 200 serangan udara. Hujan bom di kota itu dilaporkan menewaskan 85 orang dan melukai 300 lainnya. Mengutip laporan kelompok pemerhati HAM anak, Save the Children, The Guardian melaporkan bahwa hampir setengah dari korban tewas dan terluka merupakan anak-anak.

“Apa yang didukung dan dilakukan Rusia bukanlah upaya kontraterorisme, melainkan tindakan barbar,” ujar Power di hadapan 15 anggota DK PBB pada pertemuan yang berlangsung Minggu (25/9).

“Bukannya mendukung upaya perdamaian, Rusia dan Assad menciptakan perang. Bukannya membantu menyalurkan bantuan kepada warga sipil, Rusia dan Assad mengebom konvoi kemanusiaan, rumah sakit dan para sukarelawan yang rela mempertaruhkan nyawa demi menyelamatkan warga,” tutur Power, dikutip dari Reuters.

Pernyataan Power senada dengan komentar dari Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon yang menyatakan dia “terkejut” dengan eskalasi militer di Aleppo yang terkepung dan menilai bahwa hujan bom dari serangan udara di daerah padat penduduk ini merupakan kejahatan perang.
(Muspri-sisidunia.com)