Home » News » Warga Ponorogo Harus Antre Dua Hari Untuk Membuat E-KTP

Warga Ponorogo Harus Antre Dua Hari Untuk Membuat E-KTP



Ponorogo – Ratusan warga harus mengantre saat membuat kartu tanda penduduk berbasis elektronik atau e-KTP meski Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil belum dibuka di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Warga Ponorogo Harus Antre Dua Hari Untuk Membuat E-KTP

Mereka rela datang pagi dan mengantre di depan pintu kantor yang masih tutup. Bahkan, para warga tersebut sudah mengurus dua hari dan masih mengantre untuk bisa mendapatkan e-KTP.

Sejak pukul lima pagi ini, Minggu (25/9/2016) ratusan warga ini sudah mengantre di depan Kantor Dinas Dukcapil. Mereka rela menunggu agar bisa mendapat antrean lebih awal dalam pengurusan e-KTP yang baru dilayani pada pukul 08.00 WIB.

Saat kantor telah dibuka, warga masih harus mengantre lagi untuk pencocokan data dan perekaman. Total dua hari untuk mengurus dan foto e-KTP. Sehari sebelumnya mereka mengurus di desa dan di kecamatan.

Budiman, salah satu warga Ponorogo yang mengurus e-KTP ini, mesti bolos kerja selama dua hari hanya untuk mengurus ini. β€œKita sejak pagi ngurus e-KTP. Dua hari enggak kerja, ini juga belum jadi,” kata dia.

Setiap hari ratusan warga harus mengantre lebih dari empat jam untuk proses pengurusan e-KTP sejak sebulan terakhir. Lambatnya proses pengurusan ini terjadi karena keterbatasan alat.

Perekaman data yang difungsikan ahnya 2 unit. Sementara itu, jumlah antrean sekira 800 orang tiap harinya. Meski terjadi penumpukan panjang, Pemkab Ponorogo tidak juga memfungsikan peralatan di kecamatan. (bens – sisidunia.com)