Home » Travel & Kuliner » Resep Onogiri Sederhana Asal Jepang

Resep Onogiri Sederhana Asal Jepang



Surabaya โ€“ Jika anda sering menonton anime atau film kartun Jepang, pasti pernah melihat makanan yang bernama nasi kepal atau sering juga disebut dengan onigiri ini. Onigiri/Nasi kepal memang adalah merupakan salah satu makanan khas asal Jepang yang membuat orang penasaran sehingga banyak orang dari berbagai negara yang tertarik ingin mencobanya.

Resep Onogiri Sederhana Asal Jepang

Kalau di Indonesia sendiri, onigiri seringkali disebut sebagai saudara jauh dari kue lemper. Yang membedakan, onigiri ini terbuat dari nasi dan dibungkus dengan nori. Sementara lemper menggunakan ketan yang lebih gurih dan umumnya berisi ayam yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Nah, kalau Anda termasuk orang yang penasaran dengan rasa onigiri tersebut, anda juga bisa loh membuatnya sendiri di rumah anda dengan mengikuti step Resep Membuat Onigiri berikut ini.

Bahan Membuat Onigiri :

40 gram tuna kalengan
400 gram nasi
Garam secukupnya
2 lembar nori (dipotong persegi panjang atau sesuai selera anda)
1 sdm mayonaise

Cara Membuat Onigiri Sederhana :

Langkah pertama, Campurkan tuna kalengan (tanpa minyaknya) dengan mayonaise sampai merata.
Selanjutnya, sebelum digunakan, campur nasi dengan sedikit garam kemudian ratakan.

Terakhir, ambil nasi sebesar ukuran onigiri yang ingin anda buat, kemudian masukkan sedikit isian tuna mayo pada bagian tengahnya, lalu tutup kembali dengan nasi dan jangan lupa tambahkan nori pada ditengahnya dengan sedikit agak ditekan agar bisa menempel dengan sempurna. Setelah itu onigiri sederhana buatan anda siap untuk disajikan.

Tips: Untuk membentuk onigiri dengan lebih mudah, anda bisa menggunakan cetakan onigiri bentuk segitiga atau cetakan kue bundar maupun bentuk segitiga sudut tumpul.