sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Pemakaian Listrik Di Rumah Boros ? Coba Pakai Trik Ini

Pemakaian Listrik Di Rumah Boros ? Coba Pakai Trik Ini



Jakarta – Kini semakin banyak masyarakat yang menggunakan istrik prabayar alias listrik pintar. Kelebihannya adalah pengguna dapat mengontrol sendiri besarnya tarif untuk pemakaian listrik dirumahnya sendiri.

Pemakaian Listrik Di Rumah Boros ? Coba Pakai Trik Ini

Untuk memudahkan penggunanya, sistemnya dibuat seperti membeli pulsa prabayar telepon genggam sehingga pengguna tidak perlu khwatir akan biaya keterlambatan. Harga voucher listrik itu sendiri juga bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan pengguna itu sendiri. Harganya mulai dari Rp. 20 ribu sampai Rp. 2 juta.

Sedangkan kekurangan dari listrik pintar ini adalah adanya biaya tambahan yang dikenakan kepada konsumen. Misalnya jika voucher listrik yang dibeli seharga Rp 100 ribu, ada potongan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sebesar 10% atau sekitar Rp.2.344,00 (contoh untuk kawasan Jakarta Selatan), kemudian biaya administrasi bank sebesar Rp.2.500,00. Selanjutnya ada juga tambahan potongan bea materai untuk pembelian pulsa listrik diatas Rp.300 ribu.

Dari potongan-potongan tersebut dapat terlihat bahwa jumlah kWh yang didapat konsumen akan semakin kecil dibandingkan nominal uang yang dibayar. Untuk daya listrik rumah sederhana sebesar 1300VA, setidaknya dibutuhkan dana rata-rata Rp.400 ribu per bulan untuk memenuhi kebutuhan listrik(catatan menggunakan AC).Biaya bulanan dinilai cukup besar dan dapat terus membengkak apabila mulai sekarang tidak dikontrol dengan baik.

Berikut ini ada beberapa tips agar biaya bulanan penggunaan listrik yang semula Rp.400 ribu perbulan sehingga dapat ditekan sekitar setengah harga dari nominal tersebut :

1. Pasang Lampu LED
Penggunaan lampu LED mampu meminimalisir ongkos pulsa listrik yang cukup besar. Keunggulan lampu LED adalah hemat energi, lebih terang, tidak panas, menghasilkan warna benda yang natural dan lebih tahan lama. Untuk kamar mandi atau ruang tidur minimalis cukup menggunakan lampu LED sebesar 3 Watt.

2. Banyak Bukaan Dirumah
Sebisa mungkin untuk mengurangi penggunaan AC agar tidak boros listrik. Caranya adalah beri banyak ventilasi dan biarkan ventilasi tersebut terbuka khusunya mulai pagi hari. Untuk menyiasati agar tetap bisa dibuka pada malam hari, pasang kasa nyamuk agar tidak banyak nyamuk yang masuk kedalam rumah.

3. Meminimalisir Penggunaan Mesin Cuci
Sebaiknya menggunakan mesin cuci ketika pakaian benar-benar kotor atau sudah menumpuk. Apabila pakaian kotor hanya beberapa potong saja sebaiknya dicuci menggunakan tangan sendiri

4. Penggunaan Wastafel Dapur
Sebaiknya berlaku bijak dalam penggunaan wastafel dapur. Caranya adalah dengan mencuci piring kotor ketika sudah menumpuk. Dengan begitu selain hemat litrik juga bisa hemat pengeluaran air.

Demikian tips tentang cara hemat menggunakan listrik pintar. Semoga bermanfaat (Muspri-sisidunia.com)