Home » News » Pengamat Memprediksi Pasangan Agus-Sylvi Terpental di Putaran Pertama

Pengamat Memprediksi Pasangan Agus-Sylvi Terpental di Putaran Pertama



Jakarta – Pasangan Sandiaga Uno-Anies Baswedan akan bertanding dalam Pilkada DKI 2017 sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017. Pasangan Sandiaga-Anies diperkirakan mampu untuk bersaing ketat dengan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

Pengamat Memprediksi Pasangan Agus-Sylvi Terpental di Putaran Pertama

Anies-Sandiaga yang diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera, oleh analis politik Djayadi Hanan, dinilai memiliki kombinasi positif, yang lebih baik dibandingkan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang diajukan Poros Cikeas (Partai Demokrat, PPP, PAN, dan PKB).

“Anies adalah sosok yang dekat dengan anak-anak muda, mampu berkomunikasi secara efektif, artikulatif, dan dekat dengan berbagai kalangan,” kata Djayadi kepada wartawan, hari Jumat (23/09).

“Ia juga punya pengalaman di pemerintahan dan dianggap sebagai bagian dari generasi pemimpin baru Indonesia seperti Joko Widodo, Ahok, dan Risma,” tambah Djayadi yang juga direktur Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) itu.

Seorang Mantan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan, dan seorang Pengusaha, Sandiaga Uno, memiliki popularitas yang cukup tinggi dimata masyarakat serta hampir tidak memiliki isu negatif pada keduanya. Dari kalkulasi ini, Djayadi mengatakan bahwa Anies-Sandiaga memiliki peluang lebih besar untuk mengalahkan petahana Ahok-Djarot dibandingkan Agus-Sylviana.

Menurut Djayadi titik lemah utama Agus adalah minimnya pengalaman politik atau pengalaman di pemerintahan, sementara para pemilih di Jakarta antara lain sangat memperhatikan faktor pengalaman di pemerintahan dan hasil kerja ketika menjadi birokrat.
“Saya memperkirakan kalau nanti dua putaran, maka Agus-Sylviana akan tersingkir di putaran pertama. Ahok-Djarot dan pasangan Gerindra-PKS yang unggul, meski terbuka kemungkinan pula pilkada Jakarta hanya berlangsung satu putaran,” papar Djayadi.
(Muspri-sisidunia.com)