Home » News » Penantian Penyelesaian Kasus Century-BLBI

Penantian Penyelesaian Kasus Century-BLBI



Jakarta – Dua kasus besar yakni megaskandal Bank Century dan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) masih berserakan. Kedua kasus besar tersebut saat ini masih terus menjadi perhatian masyarakat dan masyarakat masih menunggu kesungguhan semua institusi penegak hukum menuntaskan proses hukum dua kasus besar ini demi terwujudnya keadilan.

Penantian Penyelesaian Kasus Century-BLBI

Jika proses hukum dua kasus itu dihentikan, rasa keadilan rakyat akan terluka. Rakyat akan menilai penegak hukum melakukan tebang pilih. Pisau hukum hanya tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas. Sejauh yang dipahami publik, tidak cukup alasan untuk menghentikan proses hukum dua kasus itu.

Pertama, mengacu pada catatan historis Bank Century dan BLBI yang menggambarkan masih ada sejumlah potongan kasus yang belum selesai. Kedua, melihat upaya semua institusi penegak hukum membangun sinergi. Sinergi antarinstitusi penegak hukum yang makin solid saat ini sebenarnya mampu menuntaskan proses hukum kasus Bank Century maupun kasus BLBI.

Beberapa debitur BLBI masih berstatus buron dikarenakan ada debitur yang belum membayar dan ada debitu yang pembayarannya belum lunas. Untuk itu, KPK dan Kejaksaan Agung perlu memperjelas lagi konstruksi kasus BLBI agar tidak terjadi kesimpang-siuran dalam memahami kasus ini.

Saat ini, penegak hukum masih harus mengejar buronan BLBI lain yang diduga bersembunyi di Singapura, China, Amerika Serikat, dan Australia. Buron BLBI yang belum tertangkap antara lain Lesmana Basuki, Eko Budi Putranto, Hary Matalata, Bambang Sumantri, dan beberapa nama lain. Itulah beberapa sisa persoalan dalam kasus BLBI yang masih harus dituntaskan.
(Muspri-sisidunia.com)