Home » News » Konvoi Bantuan Suriah Kena Bom

Konvoi Bantuan Suriah Kena Bom



Suriah – Sebuah laporan tentang konvoi sebuah truk bantuan menjadi sasaran serangan udara di dekat Kota Aleppo, Suriah, terjadi beberapa jam setelah militer menyatakan berakhirnya genjatan senjata.

Konvoi Bantuan Suriah Kena Bom

Hingga kini laporan tersebut masih belum dapat dikonfirmasi kepastiannya. Akan tetapi laporan tersebut mengatakan bahwa sekitar 12 orang tewas dalam serangan di dekat kota URM al-Kubra. Seorang juru bicara PBB mengatakan setidaknya 18 dari 31 truk terkena serangan, tetapi tidak bisa mengkonfirmasi apakah itu akibat serangan udara.

Utusan Khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, mengatakan kejadian itu merupakan ‘pelanggaran besar.’
“Konvoi itu merupakan hasil dari suatu proses panjang perizinan dan persiapan untuk membantu warga sipil yang terisolasi,” katanya dalam sebuah pernyataan email kepada wartawan.

Bulan Sabit Merah Suriah mengatakan konvoi itu sedang melakukan pengiriman rutin dari Aleppo ke daerah yang dikuasai pemberontak di pedesaan. Gambar-gambar yang diposting secara online menunjukkan truk-truk yang ditelan api.

Kelompok aktivis Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengatakan 12 orang – yang terdiri dari pekerja bantuan kemanusiaan dan supir truk – tewas akibat serangan oleh pesawat-pesawat tempur Suriah atau Rusia. Pemerintah Suriah belum berkomentar.

Seorang saksi mengatakan kepada Reuters melalui telepon bahwa sekitar lima rudal menghantam truk-truk yang diparkir di sebuah lokasi milik Bulan Sabit Merah Suriah di Urm al-Kubra.

Penasehat bidang kemanusiaan untuk de Mistura, Jan Egeland, mengatakan konvoi ‘dibombardir’ saat menurunkan barang di gudang. Sekitar 78.000 orang membutuhkan bantuan sekitar Urm al-Kubra.

Ingy Sedky, dari Komite Internasional Palang Merah, menggambarkan situasi di tempat kejadian itu ‘sangat kacau balau.’
“Kami sangat terguncang bahwa misi dan pekerja kemanusiaan kembali menderita kebrutalan konflik ini,” katanya.
(Muspri-sisidunia.com)