sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Ekonomi & Bisnis » Bisnis Lele Antarkan Anak Desa Ini Jadi Jutawan

Bisnis Lele Antarkan Anak Desa Ini Jadi Jutawan



Banyuwangi – Banyaknya permintaan pasar untuk ikan lele memantik Agus Riyanto (32) untuk memulai bisnis budidaya lele. Menurutnya, budidaya lele ini memiliki pangsa pasar yang menjanjikan untuk kedepannya.

Bisnis Lele Antarkan Anak Desa Ini Jadi Jutawan

Warga desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi ini mulai merintis usahanya akhir 2014. Berbekal modal Rp 50.000.000 waktu itu dia membangun 28 petak kolam dan bibit ikan.

“Saya termotivasi kembali ke desa, sebelumnya saya sudah punya bengkel dan finance di Surabaya. Ingin pulang kampung dan membangun desa,” jelas Agus saat ditemui di rumahnya, Senin (19/9/2016).

Sejak kembali ke desanya pria yang akrab disapa Agus lele itu terpacu untuk meningkatkan pendapatannya. Akhirnya dia memilih budidaya ikan lele karena memang di desanya sumber air melimpah.

Tak hanya menjual dalam bentuk mentah, Agus juga mengolah ikan hasil produksinya. Agus menyebut ikan lele yang diolahnya merupakan ikan dengan ukuran yang terlalu besar untuk dijual.

“Kalau lokal kan ukuran satu kilogram maksimal isi 7-8 ekor, kalau untuk diolah kita pakai yang satu kilogram isi 5-6 ekor. Kita buat bakso, nugget, tempura, fillet dan crispy. Ternyata pasar lebih suka crispy dan nugget jadi kita buat dua macam saja sekarang,” katanya.

Dalam Gerakan 10 Ribu Kolam Ikan, kolam milik Agus menjadi lokasi yang dipilih oleh pemkab untuk panen. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memuji semangat dan inovasi yang dilakukan Agus untuk berwirausaha.

“Saya bangga dengan anak-anak desa yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan jadi mereka fokus membangun desanya. Saya kira ini patut dicontoh apalagi seperti Agus ini wajah boleh desa tapi rezekinya kota, ya kan Gus?” canda Anas yang disambut tawa seluruh warga yang hadir di lokasi.
(Muspri-sisidunia.com)