Home » Gaya Hidup » Tips Agar Alas Bedak Tahan Lama

Tips Agar Alas Bedak Tahan Lama



Surabaya – Memakai alas bedak atau foundation merupakan salah satu unsur penting agar riasan terlihat sempurna. Namun, sering kali foundation cepat luntur dan menghancurkan riasan Anda.

Tips Agar Alas Bedak Tahan Lama

Ingin tahu tips agar alas bedak tetap tahan lama? Simak beberapa tips yang dilansir dari Allure.com, pada hari Sabtu (17/9/2016) berikut ini :
1. Pelembap
Pelembap adalah langkah penting, karena foundation sering menggumpal di bagian kulit yang kering. Untuk kulit normal pilih pelembap losion yang ringan dan langsung diserap kulit, sedangkan pelembap krim cocok untuk kulit sangat kering, terlebih jika seharian akan berada di ruang AC. Untuk kulit berminyak, tak perlu pakai pelembap.

Tunggu sampai pelembap benar-benar diserap kulit lalu gunakan primer. Jangan pilih primer yang terlalu licin karena foundation tak akan menempel sempurna di kulit. Pilihlah primer yang agak sedikit mengeras saat kering.

2. Pilih foundation cair
Jatuhkan pilihan pada foundation cair, karena foundation bedak sering terlihat kering dan menggumpal serta menempel di garis dan kerutan wajah. Gunakan foundation dalam formula tahan lama yang teksturnya pekat, karena tekstur yang terlalu tipis gampang untuk luntur.

Untuk kulit berminyak, selain formula tahan lama, bisa juga dipilih formula matte yang kandungan pelembapnya sedikit dan juga mengontrol minyak di kulit.

3. Pakai sedikit demi sedikit
Foundation pekat yang full coverage akan terlihat lebih baik sekaligus tahan lebih lama jika digunakan sedikit demi sedikit. Jika Anda mengaplikasikan foundation sekaligus banyak dan tebal pasti akan ada bagian yang tak langsung terkena kulit, dan itu akan luntur dari kulit.

Titikkan foundation di dahi, dua titik di masing-masing pipi lalu satu titik lagi di dagu. Gunakan kuas foundation dengan ujung rata, lalu baurkan foundation dengan cara ditekan di kulit dan diputar-putarkan sampai seluruh kulit tertutup foundation. Titikkan lagi di atas jerawat dan noda kulit lalu baurkan.

4. Bubuhkan bedak
Bedak akan ‘mengunci’ foundation dan menyerap minyak di kulit, namun sayangnya juga bisa mengubah warna foundation dan menumpuk di garis-garis kulit. Solusinya adalah pakai bedak tabur setipis mungkin dan pilih yang transparan dalam formula HD (High Definition).

Bedak tabur tersebut mampu menyamarkan tampilan pori-pori kulit dan garis kerutan kulit. Konsentrasikan penggunaannya di bagian T wajah. Untuk bagian pipi, gunakan setipis mungkin dan dibaurkan dengan kuas besar.

5. Kunci dengan finishing spray
Langkah terakhir adalah menyemprotkan finishing spray, yang manfaatnya adalah untuk mencegah makeup Anda luntur. Untuk kulit sensitif coba sedikit dulu karena umumnya finishing spray ini mengandung alkohol, terutama yang berjenis menyerap minyak.
(Putri-sisidunia.com)