Home » News » Indonesia Mendapat Tambahan Kuota Haji Tahun Depan

Indonesia Mendapat Tambahan Kuota Haji Tahun Depan



Jakarta – Warga muslim Indonesia mendapatkan kabar baik. Renovasi Masjidil Haram ditargetkan selesai tahun depan sehingga kuota Indonesia kembali normal menjadi 211 ribu lebih.

Indonesia Mendapat Tambahan Kuota Haji Tahun Depan

Kuota Indonesia selama beberapa tahun terakhir dipotong sebesar 20 persen sehingga hanya menjadi 168.800 jamaah setiap tahun. Antrean Haji akan terpangkas lebih cepat jika pemotongan diakhiri serta jika upaya meminta kuota sisa negara lain juga disetujui oleh Arab Saudi.

“Banyak juga negara lain yang meminta tambahan kuota. Tetapi, tanpa ada perbaikan kualitas di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, penambahan itu justru akan menjadi masalah baru di Tanah Suci,” imbuhnya.

Pemerintah juga berupaya untuk meminta kesediaan Arab Saudi dan negara-negara lain yang kuota hajinya tidak terpakai untuk diberikan kepada Indonesia. Cara lainnya adalah pemerintah berusaha memastikan jemaah haji tahun depan merupakan orang-orang yang benar-benar baru pertama kali naik haji.

“Tahun ini jumlah jemaah yang sudah berhaji lebih dari sekali itu 1,6 persen dari total jemaah haji Indonesia (168.800, Red). Kelihatannya kecil, tetapi kalau dihitung angkanya yang tetap banyak,” ujar Lukman.

Indonesia merupakan negara dengan penduduk beragama Muslim terbesar didunia sehingga antusiasme warganya untuk naik haji lebih besar bila dibandingkan dengan negara yang lainnya.
(Legolas-sisidunia.com)