Home » Otomotif » Uber Tanpa Sopir Beroperasi Di Amerika Serikat

Uber Tanpa Sopir Beroperasi Di Amerika Serikat



Pennsylvania – Uber baru saja meluncurkan layanan taksi tanpa sopir pertama di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, Jumat (14/9/2016) waktu setempat. Langkah ini membuat Uber melaju terdepan dari para pesaingnya dalam pengembangan kendaraan otonom.

Uber Tanpa Sopir Beroperasi Di Amerika Serikat

Armada Uber di Pittsburgh memanfaatkan Ford Fusion yang telah dilengkapi kamera 3D, GPS, dan laser pengumpul data mengenai jalan atau LiDAR, yang berada di atap mobil. Uber juga berencana melengkapi SUV Volvo ke dalam barisan armadanya.

Perusahaan yang berbasis di San Francisco tersebut bakal menerjunkan beberapa lusin mobil swakemudi pada akhir tahun ini. Meski demikian Uber masih memerlukan pengemudi manusia di belakang setir untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

“Uber swakemudi menempatkan teknisi yang duduk di kursi depan karena membutuhkan intervensi dalam berbagai kondisi termasuk cuaca buruk,” tulis CEO Uber, Travis Kalanick dalam blog resmi perusahaan.

Sebelumnya, sebuah startup Singapura bernama nuTonomy telah lebih dulu mengoperasikan layanan mobil panggilan tanpa sopir di kota-negara itu pada akhir Agustus 2016. Layanan ini ditawarkan secara terbatas dengan jumlah armada sebanyak enam unit mobil dan akan ditambah hingga 12 unit di akhir tahun.

Uber sendiri memproyeksi kendaraan tanpa sopir akan menjadi masa depan transportasi perkotaan dengan memotong biaya yang dibutuhkan untuk membayar pengemudi. Keseriusan Uber pada teknologi swakemudi tercermin dari akuisisi Otto -startup truk swakemudi- dan kerja sama mereka dengan Volvo yang bertujuan menciptakan generasi terbaru mobil pintar.