sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Travel & Kuliner » Peradaban Kota Kuno Petra yang Hilang

Peradaban Kota Kuno Petra yang Hilang



Yordania – Sekelompok peneliti asal Carolina State University dan East Carolina University menemukan petunjuk baru mengenai kota kuno Nabatea di Petra, Yordania, berkat temuan dua patung marmer berbentuk Dewi Aphrodite bersama figur Cupid.

Kota Kuno Petra

Bedasarkan laporan Science Daily, tim peneliti yang diketuai Tom Parker dari North Carolina State University dan bioarkeolog asal East Carolina University Megan Perry menemukan kedua artefak saat mengadakan ekskavasi struktur domestik di wilayah Bukit Utara Petra selama Mei dan Juni lalu.

“Saya telah bekerja di Timur Tengah selama 45 tahun dan tidak pernah menemukan sesuatu yang begitu signifikan seperti ini,” ucap Parker. “Artefak ini layak berada di jajaran koleksi Museum Louvre atau Museum Seni Metropolitan.”

Petra sering disebut sebagai kota yang hilang selama ratusan tahun. Ia terletak di tengah lembah yang sekarang ada di barat daya Yordania. Petra pernah menjadi pusat perdagangan yang berkembang dan ibukota Kerajaan Nabatea pada 400 SM.

Aphrodite merupakan figur dewi yang dipuja oleh peradaban Romawi, sedangkan Cupid dianggap sebagai keturunan Aphrodite yang kerap digambarkan sebagai seorang anak yang memegang busur dan anak panah berbentuk hati. Keduanya sering dikaitkan sebagai simbol cinta baik dalam mitos Romawi maupun Yunani.