Home » Travel & Kuliner » Jalur Rahasia Menuju Makam Raja Aztec

Jalur Rahasia Menuju Makam Raja Aztec



Mexico City – Ahli arkeolog dari Meksiko baru saja berhasil menemukan sebuah jalur rahasia yang kemungkinan besar menuju makam rahasia yang terdapat di Piramid Templo Mayor, Mexico City.

Jalur Rahasia Menuju Makam Raja Aztec

Jalur rahasia ini ditemukan di belakang dinding sebelah selatan dari Cuauhxicalco, sebuah struktur sirkular di Templo Mayor yang terdapat di kota Tenochtitlan, yang kini dikenal sebagai Mexico City.

Berdasarkan catatan sejarah, Cuauhxicalco menjadi tempat untuk melakukan kremasi bagi para pemimpin suku Aztec di masa lampau. Jalur ini memiliki panjang 83 meter, lebar 45 cm, dan tinggi 4,8 m.

Mengutip dari International Business Times, jalur ini diperkirakan menuju ke arah 2 pintu rahasia yang menjadi pintu masuk ke dalam dua ruang penguburan.

“Kami berspekulasi bahwa di belakang dinding ini terdapat dua ruang rahasia kecil, di mana di dalamnya terdapat Tenochca (istilah untuk pemimpin Tenochtitlan), mungkin Moctezuma I dan penerusnya, Axayactl dan Tizoc, bila mempertimbangkan fase konstruksi bangunan piramida,” ungkap Lopez Lujan, Direktur Temple Project Mayor pada pertemuan dengan National Institute of Anthropology and History (INAH).

Penemuan jalur rahasia ini merupaka kelanjutan dari proses penggalian yang telah dilakukan arkeolog sejak tahun 2013.

Selain itu, tahun lalu arkeolog juga sempat menemukan wadah berisikan benda-benda yang terbuat dari emas, seperti pisau, tengkorak dua anak kecil berumur 5 dan 7 tahun, serta tulang burung elang yang ditemukan di pintu terowongan.

“Dengan mengeluarkan batu-batuan yang ada, kami dapat mempelajari bahwa jalur ini membawa ke ‘jantung’ Cuauhxicalco. Pada bagian latar belakang bangunan terdapat dua tembok yang terlihat menutupi sebuah ruangan rahasia,” tambah Lujan.