Home » News » Fadli Zon Akui Belum Terima Surat Permohonan Rehabilitasi Setya Novanto

Fadli Zon Akui Belum Terima Surat Permohonan Rehabilitasi Setya Novanto



Jakarta – Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengaku belum mendapat surat permohonan permintaan rehabilitasi Ketua Umum Golkar Setya Novanto dari Fraksi Partai Golkar yang sempat tersangkut kasus ‘Papa Minta Saham’ pada akhir tahun lalu.

Fadli Zon Akui Belum Terima Surat Permohonan Rehabilitasi Setya Novanto

“Saya belum terima suratnya. Dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi dan surat sudah diterima, seharusnya bisa dipertimbangkan apa yang diinginkan,” ujar Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Fadli mengacu amar putusan MK yang mengabulkan permohonan gugatan dari Setya Novanto atas Pasal 15 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor), terkait frasa pemufakatan jahat dan penggunaan alat bukti rekaman. Fadli menyatakan pimpinan DPR tidak bisa memproses permohonan rehabilitasi karena harus menunggu surat yang akan disampaikan Fraksi Partai Golkar.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyebut rehabilitasi terhadap Setya Novanto sudah selayaknya diberikan. Sebab menurutnya selama proses persidangan etika di Mahkamah Kehormatan Dewan, nama Setya Novanto sudah tercemar.

“Proses peradilan etika itu menjadi faktor perusak nama beliau (Setya Novanto) dan itu harus diperbaiki,” kata Fahri.

Fahri pun menyarankan agar keputusan MK menjadi bahan evaluasi di MKD terkait penggunaan alat bukti ilegal di proses persidangan.