Home » News » Warga Pencari Buah Sawit tertembak Oknum Brimob

Warga Pencari Buah Sawit tertembak Oknum Brimob



MEDAN – Seorang personel Brimob berinisial Bripka MH menembak pria bernama Alim Simbolon (25), warga Desa Sampean, Kecamatan Sei Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Sumatera Utara.

Warga Pencari Buah Sawit tertembak Oknum Brimob

Saat itu Alim dan warga lainnya tengah mengambil buah kelapa sawit di lahan PT STA yang sedang di-replanting. Tak lama kemudian Bripka MH tiba di lokasi. Kejadian tersebut terjadi pada Jumat kemarin.

Askan menembakan senjata api ke udara. Mendengar suara tembakan, warga pun kabur dari lokasi. Sementara Alim dan sejumlah rekannya kabur ke kawasan perkebunan karet milik warga. Nahas, Alim berhasil dikejar oleh personel Brimob tersebut.

“Aku ditahan polisi itu. dia mengancam akan menembak aku. Ternyata betulan ditembaknya lututku. Habis ditembaknya, dia pergi ke arah Kantor PT STA,” ujar Alim kepada sejumlah wartawan saat dirawat di RSUD Rantauprapat, Sabtu (10/9/2016).

Sejak dua pekan terakhir PT STA melakukan replanting tanaman kelapa sawitnya. Warga di sekitar kebun yang di-replanting beramai-ramai mengambil sisa-sisa buah kelapa sawit yang terbuang di pohon yang telah ditumbang.

Sementara itu, kasus penembakan tersebut masih dalam proses penyelidikan. Kapolres Labuhanbatu AKBP Teguh Yuswardhie SIK menjelaskan Bripka MH merupakan petugas BKO yang ditugaskan melakukan pengamanan di kebun PT STA.

“Awalnya warga dihalau karena mengambil buah sawit, kemudian terjadi pengejaran. Sebelum melakukan penembakan, telah dilakukan tembakan ke udara sebanyak 3 kali sesuai prosedur menggunakan peluru karet. Korban satu orang, sekarang sedang dilakukan perawatan, dan kasusnya masih dalam penyidikan,” kata AKBP Teguh. (bens – sisidunia.com)