Home » News » Mengenal Lebih Dalam Manusia Bati, Legenda Manusia Terbang

Mengenal Lebih Dalam Manusia Bati, Legenda Manusia Terbang



Pulau Seram – Bagi kita yang berasal bukan dari Timur, khususnya Maluku, pasti akan biasa mendengar Orang Bati. Tapi, bagi orang-orang sana, Orang Bati adalah nama yang tidak ingin mereka dengar.

Mengenal Lebih Dalam Manusia Bati, Legenda Manusia Terbang

Alasannya, apalagi kalau bukan karena orang Bati adalah makhluk yang sangat ditakuti, lantaran menyebarkan ancaman mengerikan. Orang Bati menurut masyarakat Maluku khususnya yang tinggal di Pulau Seram.sesosok makhluk mengerikan yang berwujud manusia.

Lebih tepatnya manusia merah lantaran sekujur badannya memang berwarna seperti darah. Ia juga memiliki sayap seperti kelelawar dengan bentang yang sangat lebar. Satu lagi, Orang Bati ini juga katanya memiliki ekor kecil tapi panjang dengan ujung yang lancip.

Orang Bati ditakuti, karena mereka konon gemar memangsa manusia-manusia kecil alias bayi dan anak-anak untuk dimakan. Orang Bati sendiri memang hampir tidak memiliki bukti eksistensi, tapi masyarakat setempat banyak yang percaya akan keberadaan makhluk satu ini.

Melawan Bati pasti mati, begitu menurut cerita masyarakat. Entah, kenapa hal ini bisa terjadi. Tapi, mungkin karena Bati memanglah semacam monster yang tak bisa dilawan. Atau bisa saja si Bati ini punya kekuatan mistis bin magis yang membuat lawannya seolah tak berdaya. Bukti kalau Bati tidak bisa dilawan ya tak adanya cerita-cerita soal penangkapan atau semacamnya. (bens –  sisidunia.com)