Home » News » Inilah Catatan Percakapan Presiden Bush Saat Insiden 11 September 2001

Inilah Catatan Percakapan Presiden Bush Saat Insiden 11 September 2001



Jakarta – Catatan-catatan tulisan tangan yang berisi kata demi kata tentang bagaimana mantan Presiden Amerika Serikat, George W Bush, bereaksi ketika menerima kabar serangan 11 September diungkap ke publik, untuk pertama kalinya.

Inilah Catatan Percakapan Presiden Bush Saat Insiden 11 September 2001

Memperingati insiden mengerikan di Gedung World Trade Center, New York, dan markas Pentagon di Virginia pada 15 tahun lalu, mantan sekretaris Bush, Ari Fleischer, merilis enam halaman catatan yang dibuatnya pada saat Bush dan orang-orang penting di Gedung Putih bereaksi terhadap serangan di Gedung World Trade Center.

Dalam catatan itu terungkap bahwa di tengah kebingungan, Bush langsung bereaksi untuk membalas dendam terhadap teroris. Saat berbicara lewat telepon dari Air Force One dengan wakil presiden Dick Cheney , dia mengungkapkan kemarahannya. Setelah mengakhiri sambungan telepon itu, Bush kemudian memutar badan kepada ajudannya dan mengatakan, “ketika nanti kita tahu siapa yang melakukan semua ini, mereka tidak akan menyukai saya sebagai presiden. Tapi seseorang harus membayarnya.”

“Saya tidak sabar untuk mengetahui siapa yang melakukan ini. Pasti akan membutuhkan waktu, dan kita tidak mau menerima omong kosong,” kata Bush, seperti dilansir dari Independent.

Fleischer memang berperan sebagai pembuat notula presiden. Dia selalu menulis apa saja yang diucapkan oleh pemilik kursi nomor satu di AS itu.

“Saya selalu membuat catatan, karena itu memang pekerjaan saya. Tapi pada saat 11 September, itu sangat jelas bahwa membuat catatan tentang apa yang presiden lakukan dan katakan menjadi hal yang lebih penting lagi,” ujarnya.
(Legolas – sisidunia.com)