Home » News » Demi Pembelajaran Risma Ijinkan Pemotongan Hewan Kurban di Sekolah

Demi Pembelajaran Risma Ijinkan Pemotongan Hewan Kurban di Sekolah



Surabaya – Hari Raya Idul Adha atau biasa disebut dengan UIdul kurban akan terlaksana pada, Senin (12/9/2016).Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini atau Risma, tidak melarang pemotongan hewan kurban dilakukan di sekolah. Alasannya, hal itu dalam rangka pembelajaran bagi para murid sekolah.

Demi Pembelajaran Risma Ijinkan Pemotongan Hewan Kurban di Sekolah

“Kemarin kita lihat memang ada beberapa guru yang ingin ini sebagai latihan untuk mengajarkan ke anak-anak, bahwa mereka punya kewajiban untuk berkurban,” kata Risma, di Surabaya, Sabtu (10/9/2016).

Meski demikian, Risma meminta agar proses penyembelihan itu dilakukan secara tepat, yaitu dengan memperhatikan aspek kesehatan dan lingkungan.

“Makanya, kita memang sudah buat edaran, ke Dinas Pertanian, sama Dinas Pendidikan, sama Pemerintahan untuk sosialiasi ke sekolah, RT dan RW. Tapi memang guru-guru agama ingin memberikan pembelajaran,” ujar Risma.

Dengan cara itu, maka para siswa bisa belajar, serta mengambil hikmah dari Hari Raya Idul Adha. Sekaligus lingkungan tetap terjaga kondisi kesehatannya.

“Ya supaya anak-anak tidak mendapatkan efek yang seperti itu,” kata Risma.

Hari Raya Idul Kurban adalah salah satu kisah dari Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Dentgan begitu siswa juga dapat belajar bagaimana caranya menyembelih hewan kurban yang baik menurut syariat islam dan juga ikut memaknai operistiwa dibalik Idul Kurban tersebut.
(Legolas – sisidunia.com)