sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Batas Gaza, Israel Bangun Tembok Bawah Tanah

Batas Gaza, Israel Bangun Tembok Bawah Tanah



GAZA – Israel telah memulai pembangunan tembok bawah tanah di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza, Palestina. Langkah itu dilakukan untuk mengeblok masuknya militan asal Palestina lewat terowongan-terowongan bawah tanah buatan sendiri.

Batas Gaza, Israel Bangun Tembok Bawah Tanah

Israel seperti tidak mau mengulangi nasib buruk mereka pada 2014. Sejumlah besar militan Hamas yang berasal dari Gaza, masuk ke wilayah Israel lewat terowongan-terowongan bawah tanah. Tidak mau kecolongan, Israel meningkatkan upaya pengawasan di perbatasan.

Saat ini, Israel sudah memiliki pagar pembatas di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza. Mereka juga telah meningkatkan teknologi untuk mengawasi titik-titik tertentu. Sebanyak 32 terowongan rahasia sudah berhasil dibongkar dan dua terowongan lainnya sudah berhasil ditemukan. Seperti dimuat Reuters, Jumat (9/9/2016), pemerintah Israel telah menganggarkan dana sebesar ILS600 juta (setara Rp2,1 triliun) untuk pembangunan tembok beton bawah tanah tersebut. Total, tembok beton bawah tanah itu akan terentang sepanjang 65 kilometer (km).

Semenjak blokade ke Jalur Gaza pada 2006, Israel berulang kali menuduh Hamas –penguasa Gaza- menyelundupkan militan lewat terowongan rahasia. Hamas berdalih terowongan bawah tanah tersebut untuk mengirimkan bahan kebutuhan pokok karena sejumlah krisis menerpa warga Palestina di Gaza. (bens – sisidunia.com)