sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Presiden Meksiko Pecat Menteri Keuangan Lantaran Undang Donald Trump

Presiden Meksiko Pecat Menteri Keuangan Lantaran Undang Donald Trump



Jakarta – Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto memecat Luis Videgaray sebagai Menteri keuangan Meksiko pada Rabu (7/9/2016) usai kunjungan Donald Trump yang menuai kritikan. Videgaray ditengarai sebagai penggagas undangan Meksiko untuk Trump. Kunjungan calon presiden AS dari Partai Republik itu dikritik karena pemerintahan Nieto dianggap terlalu lemah terhadap penghina rakyat Meksiko. Videgaray akan digantikan oleh Menteri keuangan sebelumnya Jose Antonio Meade.

Presiden Meksiko Pecat Menteri Keuangan Lantaran Undang Donald Trump

Pernyataan Trump selama berkampanye sebagai calon Presiden AS tak jarang menuai amarah Meksiko. Trump mengatakan bahwa pendatang asal Meksiko adalah pemerkosa dan penjahat, dan dia bersumpah akan membangun dinding tinggi di perbatasan.

Trump bahkan menegaskan dinding itu akan dibangun atas biaya dari Meksiko, klaim yang ditolak Nieto.

Hubungan peno Nieto dan Videgaray terbilang dekat. Videgaray turut serta dalam tim kampanye dalam pemilu Meksiko. Videgaray dianggap sebagai menteri kabinet pemerintahan Nieto yang paling berpengaruh pada kebijakan energi, telekomunikasi, serta reformasi pajak dan pendidikan.

Keduanya sempat terlibat dalam skandal konflik-kepentingan pada akhir 2014, setelah Isteri Nieto dan Videgaray ditemukan telah mengakuisisi properti dari kontraktor utama pemerintah.

Pertumbuhan ekonomi negara yang lamban dan meningkatnya tensi antara anggota kabinet pemerintahan membuat kedudukan politis Peno Nieto terbilang menurun.

Politisi partai oposisi sayap kiri Revolusi Demokratik Agustin Barrios Gomez menyatakan, Kunjungan Trump semakin mempersulit kedudukan Nieto sebagai orang nomor satu di Meksiko.

“(Kunjungan Trump ke Meksiko) menjadi kegagalan (Peno Nito) yang memperlihatkan bahwa dia tidak lagi memiliki kredibilitas melakukan pekerjaanya sekarang (sebagai Presiden),” kata Gomez.
(Legolas – sisidunia.com)