Home » News » Komjend Polisi Budi Gunawan Resmi Gantikan Sutiyoso Sebagai Kepala BIN

Komjend Polisi Budi Gunawan Resmi Gantikan Sutiyoso Sebagai Kepala BIN



Jakarta – Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui pengangkatan Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara. Budi Gunawan akan menggantikan Sutiyoso. Rapat paripurna hari ini merupakan tindak lanjut atas hasil uji kelayakan dan kepatutan Budi Gunawan yang dilakukan di Komisi I, Rabu lalu.

Komjend Polisi Budi Gunawan Resmi Gantikan Sutiyoso Sebagai Kepala BIN

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan yang menjadi pemimpin sidang, meminta persetujuan kepada peserta rapat untuk menyetujui hasil laporan Komisi I.

“Apakah laporan Komisi I untuk uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala BIN Budi Gunawan dapat disetujui?” tanya Taufik di dalam rapat paripurna DPR, Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Para anggota DPR yang hadir pun menjawab setuju sambil bertepuk tangan. Sebelum keputusan diambil, Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari membacakan laporan hasil uji kelayakan dan kepatutan. Kharis mengatakan, proses uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I merupakan tindak lanjut dari surat Presiden Joko Widodo R-58/Pres/09/2016 perihal permohonan pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan Kepala BIN. Setelah uji kelayakan dan kepatutan, rapat internal Komisi I DPR secara bulat memberi pertimbangan kepada Budi sebagai Kepala BIN.

“Berdasarkan rapat internal Komisi I DPR RI memutuskan memberikan pertimbangan bahwa Budi Gunawan layak dan patut sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso,” kata Kharis.