Home » Travel & Kuliner » Tips Membuat Kue Sus Yang Enak Dan Meleleh di Mulut

Tips Membuat Kue Sus Yang Enak Dan Meleleh di Mulut



Jakarta – Salah satu jajanan enak yang jadi favorit saat arisan adalah kue sus. Mau diisi cream vla ataupun ragout, semua sama-sama enaknya. Kalau saya sih, justru paling suka pada kulit susnya. Meskipun nggak pakai isian, kulit sus polosan tetap jadi favorit.

Tips Membuat Kue Sus Yang Enak Dan Meleleh di Mulut

Banyak pembuat kue pemula yang merasa kesulitan membuat kulit sus. Bantat, saat dioven pecah, tidak berongga bagian dalamnya ataupun teksturnya terlalu kering, adalah masalah-masalah yang biasa ditemui saat membuat kulit sus.

Nyerah? Jangan dong. Membuat kulit sus yang sempurna ternyata cuma perlu 5 bahan dan beberapa sentuhan rahasia kok, yaitu pertama-tama, panaskan air dalam panci dan lelehkan butter. Masukkan garam secukupnya dan 1 sendok makan gula pasir. Biarkan hingga mendidih dengan api sedang.

Setelah adonan di atas mendidih, masukkan tepung all-purpose, langsung ke dalamnya dan aduk menggunakan sendok kayu. Aduk-aduk bahan selama 2-3 menit hingga adonan kalis. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk. Dinginkan sekitar 3 menit.

Setelah adonan dingin, masukkan telur satu persatu sambil terus mengaduk adonan. Pastikan tekstur adonan tidak terlalu cair, tetapi juga tidak terlalu kental ya. Adonan yang baik adalah adonan yang teksturnya lengket.

Nah, adonan siap dicetak deh di loyang. Gunakan pipe bag, semprotkan adonan membentuk lingkaran. Untuk membuat efek putaran khas kue sus, sebelum mengangkat pipe bag, tahan … kemudian bentuk putaran kecil. Pastikan efek putaran pada bagian atas kue sus ini tidak terlalu tinggi agar tidak terbakar saat dipanggang.